cara meningkatkan penjualan di shopee

6 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee 2021

Saat ini Shopee menjadi salah satu marketplace yang sangat populer di Indonesia. Banyak para pebisnis yang juga terjun ke marketplace ini, mungkin termasuk kamu juga. Supaya jualan kamu laris, mengetahui cara meningkatkan penjualan di Shopee tentu merupakan keharusan.

Kamu tentu sudah tahu bagaimana tingkat persaingan yang terjadi di marketplace ini. Menerapkan strategi banting harga tentu sangat tidak kami rekomendasikan karena kamu hanya akan memperoleh margin yang kecil.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Lalu bagaimana supaya kamu bisa jualan laris di Shopee namun tetap menguntungkan. Untuk mengetahui lebih lengkap cara menaikkan penjualan di Shopee, simak ulasan kami berikut ini.

  • Optimasi Toko Kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan di Shopee adalah optimasi toko terlebih dahulu. Misalnya akun kamu menggunakan foto profil yang bagus, nama tokonya juga harus diingat, banner toko yang bagus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memberikan varian produk juga merupakan langkah yang bagus supaya calon pembeli bisa memilih produk yang sesuai dengan mereka. Bahkan untuk harganya juga bisa kamu variasikan sesuaikan supaya terjangkau oleh semua kalangan market kamu. Jangan lupa untuk mengikuti program gratis ongkir yang disediakan oleh Shopee. Karena Gratis Ongkir merupakan fitur yang sangat digemari oleh para pengguna Shopee.

Tidak hanya program Gratis Ongkir saja, manfaatkan juga fitur lainnya seperti Diskon, Cashback, dan sebagainya. Salah satu fitur yang sekarang tengah hits adalah flash sale. Kalau memang memungkinkan, kamu juga bisa mengikuti program yang satu ini di Shopee.

  • Gunakan Kata Kunci di Judul dan Deskripsi Produk

Setelah toko kamu benar-benar tertata rapi setelah dioptimasi, langkah selanjutnya yaitu optimasi produk. Langkah ini perlu kamu lakukan karena termasuk salah satu cara meningkatkan penjualan di Shopee bagi pemula.

Kamu perlu memasukkan kata kunci di judul dan deskripsi pada produk yang kamu jual di Shopee. Kenapa hal ini sangat penting? Dengan memasukkan kata kunci, kemungkinan produk kamu akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. Kebanyakan orang akan menggunakan fitur pencarian untuk menemukan produk yang mereka inginkan.

Fitur ini bisa kamu manfaatkan dengan memberikan kata kunci pada judul dan deskripsi produk. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna Shopee. Misalnya kamu menjual produk kaos polos. Kamu harus tentukan kira-kira kata kunci apa yang berhubungan dengan produk tersebut. Pastikan kata kunci tersebut banyak dicari oleh banyak orang.

Lalu bagaimana caranya menemukan kata kunci yang tepat untuk produk kamu?

Pertama, kamu harus pergi dulu ke akun Shopee Seller Center dan masuk ke Iklan Promosi. Kemudian pilih produk dan nanti akan muncul kotak pencarian. Di kolom pencarian tersebut, silahkan masukkan produk kamu, misalnya kaos polos. Setelah itu klik tombol kaca pembesar untuk melakukan pencarian. Nantinya kamu akan memperoleh banyak kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan sebelumnya. Misalnya kaos polos murah, kaos polos pria, kaos polos cotton combed 30s, dan masih banyak lagi.

Kata kunci yang ditampilkan itu juga dilengkapi dengan data yang cukup lengkap. Tapi hal yang perlu kamu perhatikan adalah volume pencariannya atau banyaknya orang yang mencari produk dengan kata kunci tersebut. Pastikan untuk menggunakan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi dan tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi. Dengan begitu produk kamu bisa ditemukan oleh banyak orang.

Setelah menemukan kata kunci yang tepat, masukkan kata kunci tersebut di judul dan deskripsi produk.

  • Bagikan Toko ke Sosial Media

Tips meningkatkan penjualan online di Shopee yang selanjutnya harus kamu coba yaitu dengan membagikan link toko ke Sosial Media. Banyak sekali platform sosial media yang bisa kamu manfaatkan seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Kalau kamu pakai Instagram, kamu bisa membagikan link toko Shopee kamu di BIO. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan untuk media sosial TikTok dan Facebook.

  • Promosi di Sosial Media

SekarangĀ  sudah banyak orang yang suka melakukan pembelian melalui sosial media. Sehingga kamu juga bisa memanfaatkan untuk berjualan. Tapi untuk promosi di sosial media tentu tidaklah mudah. Kamu perlu membuat konten yang menarik di media sosial. Karena kalau promosi saja kemungkinan besar orang tidak akan tertarik. Konten yang kamu buat bisa berupa tips trik, behind the scene, testimoni dan sebagainya.

Kamu tidak perlu banyak melakukan promosi di banyak platform media sosial. Menggunakan satu atau dua media sosial saja sudah cukup, tapi pilih yang tengah populer. Misalnya adalah Instagram dan TikTok. Saat ini kedua aplikasi media sosial ini tengah banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Sehingga bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan di Shopee.

  • Tingkatkan Followers Toko

Cara meningkatkan penjualan di Shopee yang selanjutnya yaitu menaikan followers toko. Perlu kamu ketahui, meningkatkan followers belum tentu akan memberikan banyak penjualan. Tapi dengan memiliki banyak followers, tingkat kepercayaan toko kamu akan lebih tinggi. Coba saja kamu bayangkan ketika kamu ingin membeli produk di toko yang punya followers tinggi dan rendah. Kira-kira kamu bakal pilih yang mana coba?

Untuk meningkatkan followers di Shopee ini tentu bukanlah langkah yang sangat mudah. Dan satu hal yang perlu kamu perhatikan yaitu kamu perlu banyak waktu untuk memperolehnya.

Solusinya yaitu dengan menggunakan layanan jasa followers Shopee dari Thesocmed. Kamu tidak perlu khawatir akunnya kena hack atau di-banned oleh Shopee. Karena layanan ini sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak Shopee itu sendiri.

  • Beriklan

Poin-poin di atas merupakan cara meningkatkan penjualan di Shopee tanpa iklan. Kamu tidak perlu membayar uang untuk melakukannya. Tapi jika kamu sudah melakukan berbagai cara di atas namun hasilnya tidak maksimal, langkah terakhir ini perlu kamu lakukan. Beriklan merupakan cara meningkatkan jualan di Shopee yang sangat powerfull.

Dengan beriklan produk kamu tidak hanya akan menjangkau banyak orang saja. Tapi produk kamu juga akan berada di urutan paling atas di halaman pencarian Shopee. Karena cara ini berbayar, kamu tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Kalau melakukannya sembarangan, kamu hanya akan memberikan uang begitu saja ke Shopee alias boncos.

Jadi sebelum menggunakan cara terakhir ini, pastikan kamu sudah mengetahui tekniknya supaya tidak boncos. Kalau sudah beriklan dengan benar, siap-siap saja kamu bakal kebanjiran orderan di Shopee. Sebaiknya jangan melakukan cara ini jika dengan cara gratis saja masih memperoleh banyak orderan.

Demikianlah beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan di Shopee. Jika dengan cara gratis kamu tidak memperoleh penjualan, sebaiknya harus segera beralih ke cara berbayar. Untuk meningkatkan jumlah followers di Shopee kamu bisa menggunakan jasa dari Thesocmed.

Menu