Instagram Insight

Penjelasan Instagram Insight, Modal untuk Memantapkan Strategi Bisnis No ratings yet.

Bingung kenapa tiba-tiba engagement dan followers menurun? Penasaran kenapa tiba-tiba konten unggahan kamu sepi komentar dan likes? Bisa jadi strategi pemasaran kamu tidak sesuai dengan kebutuhan audiensmu. Instagram punya tool analytics yang memperbolehkan kamu melakukan analisis sederhana mengenai aktivitas audiens. Penjelasan Instagram insight berikut ini akan menolong kamu dalam memahami fitur-fitur di dalamnya untuk pelaksanaan strategi pemasaran yang lebih baik lagi.

Mengenal Instagram Insight

Instagram Insight adalah fitur tool analytics pada aplikasi Instagram yang dapat diakses dan digunakan ketika akun Instagram kamu sudah berubah menjadi akun bisnis. Pada Insights, kamu dapat melihat data mengenai konten, demografi followers, sampai engagement yang bisa meningkatkan aktivitas bisnismu.

Data-data itu dapat kamu pakai untuk menyesuaikan strategi pemasaran yang kamu pakai selama berbisnis. Ketika sudah melihat hasilnya, kamu bisa membandingkan hal-hal apa yang menjadi kekurangan untuk diperbaiki dan kelebihan yang perlu ditingkatkan lagi.

Penjelasan Instagram insight berikut ini akan membantu kamu dalam memahami cara akses, cara menggunakan, dan cara membaca data-data yang ditampilkan.

Cara Mengakses Instagram Insight

Daripada Google Analytics, tool analytics pada Instagram Insight dapat dikatakan lebih mudah dipakai. Alasannya, karena tool ini langsung terdapat pada aplikasi. Kamu tidak perlu membuka jendela atau panel baru, tetapi cuma menguasai fungsi-fungsi tombol di dalamnya.

Namun, fitur Insight baru bisa kamu akses bila profilmu sudah beralih menjadi profil bisnis atau profil profesional. Untuk mengubah tipe profil, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pada profil akun, klik ikon berbentuk tiga garis sejajar di sudut kanan atas.
  • Pilih ‘Setting’.
  • Pilih ‘Account’
  • Gulir hingga sampai ke pilihan paling bawah, dan pilih ‘Switch to Professional Account’.
  • Pilih ‘Done’.

Sekarang akun kamu sudah menjadi akun bisnis dan kamu bisa menggunakan Instagram Insight. Lalu, bagaimana cara melihat insight setiap konten unggahan di Instagram? Kamu bisa melakukannya dengan tiga cara.

  • Cara pertama, kamu bisa buka bagian profil pada akun Instagram. Pada sudut kanan atas, pilih ikon berbentuk tiga garis sejajar. Setelah itu, tekan ‘Insights’. Cara ini akan menampilkan insights secara menyeluruh.
  • Cara ke dua, insights dapat dilihat pada setiap konten unggahan. Pilih salah satu konten pada feed kamu, lalu tekan ‘View Insights’ yang ada tepat di bawah konten. Cara ini akan menampilkan data insights secara spesifik, yakni insights dari unggahan konten tersebut.
  • Cara ke tiga, insights dapat dilihat dari Instagram Story yang diunggah. Buka dahulu Story yang telah dibagikan, kemudian pilih ‘Seen by’. Insights akan ditampilkan beserta data analytics-nya. Kamu bisa menaikkan analytics views Story kamu dengan jasa instagram views.

Bagaimana Membaca Data pada Instagram Insights?

Ini waktunya memahami penjelasan Instagram Insight lebih dalam, dengan mempelajari satu per satu fitur yang ada di dalamnya. Banyaknya angka, grafik, data lain tidak sesulit yang kamu bayangkan. Ala bisa karena biasa; semakin sering kamu menggunakan, maka akan semakin terbiasa dengan tampilan itu.

Kalau kamu memilih membuka Instagram Insights dengan cara pertama yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu akan diperlihatkan tiga menu, yaitu Reach Account, Content Interactions, dan Total Followers. Setiap menu akan memberikan data sesuai kebutuhan dalam mengelola strategi pemasaran.

1. Reach Account

Menu Reach Account akan menampilkan jumlah unique user yang sudah melihat konten unggahan kamu. Pada menu ini, data-data spesifik yang tersedia di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Data ini memperlihatkan seberapa banyak unggahan kamu dilihat oleh pengguna lain selama sepekan ke belakang.
  • Profile Visits. Data ini memperlihatkan seberapa banyak profil kamu dibuka followers selama sepekan ke belakang.
  • Website Taps. Data ini memperlihatkan seberapa banyak pengguna lain menekan tautan situs di profil kamu.
  • Top Post. Data ini memperlihatkan konten unggahan kamu dengan reach terbanyak dari followers.
  • Top Stories. Data ini memperlihatkan unggahan Instagram Story kamu dengan reach dan engagements terbanyak dari followers.
  • Top Instagram TV. Data ini memperlihatkan unggahan Instagram TV (IGTV) dengan reach dan engagements tertinggi.

2. Content Interactions

Menu Content Interactions akan menampilkan data berupa banyaknya interaksi yang dilakukan followers melalui konten unggahan kamu. Interaksi ini dapat berupa likes, memberi komentar, save, dan share. Melalui menu ini juga, kamu dapat melihat interkasi pada unggahan Instagram Story dan IGTV.

Dengan mengetahui interaksi terbanyak, kamu dapat menganalisis konten unggahan mana yang paling menarik pengunjung, baik followers atau di luar followers.

Nantinya, itu akan memengaruhi strategi marketing yang telah dibuat. gunakan jasa comment instagram untuk dapat menambah interaksi pada unggahan kamu.

3. Total Followers

Menu berikutnya adalah Total Followers. Menu ini memungkinkan kamu untuk melihat besarnya peningkatan atau penurunan jumlah followers kamu selama sepekan ke belakang. Hanya dengan mengklik tanda panah pada bagian Total Followers, data followers breakdown akan muncul.

Bukan hanya pergerakan followers, kamu juga dapat melihat followers kamu berasal dari kalangan mana, berdasarkan usia, jenis kelamin, sampai jam dan hari mereka paling sering aktif menggunakan Instagram. Total Followers kamu dapat meningkat pesat dengan menggunakan jasa followers instagram, lho.

Membaca Data Insight melalui Unggahan dan Instagram Story

1. Melalui Konten Unggahan

Kalau kamu ingin membuka Instagram Insight melalui konten unggahan kamu, kamu hanya perlu menekan tombol View Insight yang ada di bawah konten seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dengan cara ini, kamu bisa melihat beberapa data spesifik, yaitu Profile Visit, Like, Comment, Share, Save, dan banyaknya Reach. Jasa instagram like bisa kamu pakai untuk meningkatkan insight pada konten unggahanmu.

 

Kalau kamu bergerak lagi lebih ke bawah, terdapat sub-kategori Discovery yang masih menjadi bagian dari Post Insight. Baca juga.Discovery sendiri memungkinkan kamu untuk mengetahui cara followers mendapatkan konten unggahanmu. Bisa melalui Home, Search, Hashtag, Lokasi, dan sebagainya.

2. Melalui Instagram Story

Melihat insight dari Instagram Story cukup dengan menekan ‘Seen By’ yang ada di pojok kiri bawah ketika membuka story. Data yang akan ditampilkan adalah banyaknya Impressions, Reach, dan Interactions atau interaksi dari followers terhadap story yang kamu unggah.

Interaksi itu dapat berupa memberi reaksi dengan stiker atau memberi komentar dengan membalas story.

Manfaat Penggunaan Instagram Insight

Setelah mengetahui penjelasan Instagram Insight, kamu juga harus tahu apa yang sebenarnya fitur ini beri sehingga strategi pemasaran yang kamu buat juga ikut berjalan dengan optimal. Simak pentingnya Instagram Insight melalui penjelasan berikut ini.

1. Mengetahui dan Memahami Kebutuhan Followers

Poin ini dapat dilihat melalui engagement pada konten unggahan kamu. Ketika suatu konten memiliki engagement bagus, maka kamu bisa membuat konten-konten serupa untuk hari-hari berikutnya. Engagement bagus itu bisa kamu dapatkan juga dengan memakai Jasa Auto Like Instagram.

2. Mengenal Kriteria Pelanggan

Kriteria pelanggan salah satunya dapat dilihat melalui menu insight pada Total Followers. Dari situ, kamu bisa mengetahui bahwa untuk suatu konten produk pakaian, misalnya, pada Insight ditunjukkan bahwa pengunjungnya kebanyakan laki-laki berusia 25-30 tahun yang tinggal di Jakarta.

Itu artinya, pakaian yang akan kamu jual mesti disesuaikan dengan kriteria followers tersebut agar tingkat penjualan dapat meningkat.

3. Mengetahui Strategi Pemasaran yang Cocok

Data-data pada Instagram Insight membantu kamu dalam mengevaluasi strategi pemasaran yang sudah kamu pilih. Bila strategi yang diterapkan berhasil, itu berarti kamu harus melanjutkan dan mengembangkan strategi itu.

Tetapi, bila strategi membawa pada data insight yang kurang bagus, itu berarti kamu harus mencari strategi lain sesuai dengan hasil analisis data pada insight.

Berbekal penjelasan Instagram Insight di atas, kamu bisa memaksimalkan performa konten unggahan di Instagram kamu. Selain itu, kamu bisa membuat penilaian dan indikator sendiri bagaimana strategi yang tepat dan kurang tepat nantinya. Semoga beruntung!

Please rate this

Menu