Akun Digunakan oleh Banyak Orang

Fitur Baru Instagram Reels, Inovasi Untuk Meningkatkan Kunjungan Profilmu!

Di akhir bulan Juni kemarin instagram telah meluncurkan dua fitur terbarunya, yaitu music dan reels. Dua fitur ini kini telah menjadi perbincangan hangat di sosial media terutama Indonesia. Dari kedua fitur ini, fitur reels lah yang paling unik. Inovasi fitur reels Instagram terlihat mirip dengan aplikasi TikTok. 

Fitur reels telah dikenalkan oleh Instagram sejak tanggal 5 Agustus 2020 lalu. Fitur ini akan dimunculkan secara bertahap pada tiap negara. Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis online fitur ini bisa sangat membantu untuk mendatangkan lebih banyak follower dan kunjungan profil. Yuk ketahui lebih dalam tentang fitur terbaru ini!

Apa Itu Instagram Reels?

Instagram reels merupakan fitur perekaman video pendek dengan durasi 15-30 detik. Selain bisa merekam video, fitur ini juga dilengkapi dengan tools efek dan editing lain yang membuat video mu semakin menarik. Sekilas fitur ini mirip dengan aplikasi TikTok, kamu bisa melihat video unggahan reels pengguna lain seperti ketika mendapatkan video For Your Page (FYP) pada TikTok.

Di fitur reels ini, kamu bisa melihat video pengguna lain hanya dengan klik ikon movie clip yang terletak di bagian bawah layar pada halaman utama Instagram. Tidak hanya bisa melihat video dari akun pengguna lain yang kamu ikuti, reels akan menyajikan video dari akun popular yang sedang tren di Instagram.

Layanan Kami

Dengan meluncurkan fitur baru reels, Instagram juga telah merubah algoritmanya. Reels akan memilihkan video yang sesuai dengan ketertarikan konten pengguna, siapa yang pengguna ikuti, dan lokasi dari pengguna. Tak hanya itu, reels juga akan memilihkan video yang paling menarik, menghibur, lucu, informatif, dan orisinil pada explore reels

Karena hanya menampilkan video yang orisinil, maka pihak Instagram akan menyingkirkan video yang diambil dari aplikasi lain. Contohnya video yang diunggah lewat aplikasi TikTok dan terdapat watermark TikTok di dalamnya. Jika kamu mereupload video dari aplikasi TikTok pada fitur reels, maka video tersebut akan tersingkirkan dari explore reels Instagram. Hal itu dilakukan pihak Instagram untuk menghargai kreator yang membuat videonya langsung lewat reels.

Apa Saja Tools di Instagram Reels?

Sebagai pelengkap fitur terbarunya, Instagram juga menawarakan beragam tools baru yang bisa kamu gunakan, diantaranya tools layout, length video, timer, speed, beautify, efek dan audio. Tools layout memungkinkanmu untuk membuat video dengan tampilan layar terbagi ke dalam dua hingga tiga bagian, baik secara horizontal maupun vertikal. 

Tools length video berfungsi mengatur total durasi pembuatan video dengan durasi paling lama sebesar 30 detik, sedangkan timer mengatur pengambilan durasi tiap klip video. Tools speed digunakan untuk memperlambat atau mempercepat video. Nah, untuk merias tampilan wajah kamu bisa menggunakan tools beautify atau efek.

Di tools audio kamu bisa menambahkan lagu yang tersedia di Instagram. Tak hanya itu kamu juga bisa menyunting video yang telah dibuat dengan menggunakan stiker, voice over, mengatur audio lagu, teks, dan memberi gambar garis (tools brush)

Seperti aplikasi TikTok, Instagram reels juga memberikan kamu kesempatan untuk berkolaborasi dengan penggunan lainnya, istilahnya yaitu remix the reels. Fitur ini akan menggabungkan dua video dari pengguna lain ke dalam satu konten yang sama. Jika kamu melakukan lip-sync dengan pengguna lain, kamu cukup klik fitur remix the reels lalu rekam video yang akan disatukan dengan konten yang kamu pilih tadi.

Sebelum memposting video, reels akan menampilkan halaman editing post yang bisa digunakan untuk menambahkan caption, tag people, dan merubah cover dari video. Di fitur ini, selain videomu akan terunggah pada explore reels, kamu juga bisa membagikan videomu lewat Instagram stories dan feeds. Kamu bisa berinteraksi dengan pengguna lain dengan memberi komentar, like, atau share pada video yang kamu inginkan. 

Cara Membuat Instagram Reels

Kamu pasti tak mau ketinggalan untuk segera mencoba fitur baru dari Instagram ini kan? Nah, sebelum bisa mencobanya, terlebih dahulu perbarui aplikasi Instagram yang ada dalam device ponselmu. Setelah selesai mengupdate selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Masuk ke menu instastory dan pilih “reels” yang terletak di bawah layar bersama fitur “post”, “story”, dan “live”. Kamu juga bisa langsung pilih ikon “reels” pada halaman awal Instagram yang terletak pada sisi bawah layar di antara fitur “search” dan “shop
  3. Jika kamu membuat reels lewat menu instastory, maka kamu bisa langsung merekam video cukup dengan klik ikon berbentuk movie clip pada bagian tengah bawah layar atau kamu juga bisa langsung mengupload video yang telah direkam sebelumnya dengan cara swipe up pada layar device dan pilih video yang telah direkam.
  4. Bagi yang membuat reels lewat menu pada halaman utama, maka setelah memilih ikon movie clip di bawah layar kemudian klik menu kamera yang berada di pojok kanan atas. Nah, setelah itu kamu bisa langsung merekam atau mengupload video seperti cara di atas.
  5. Jika kamu merekam video lewat aplikasi Instagram, kamu bisa memilih fitur-fitur, seperti menggunakan konsep layout video, menyetel durasi (15 atau 30 detik), mengatur kecepatan video, menambahkan efek, dan menambahkan touch up pada wajah.
  6. Untuk kamu yang mengupload video dari galeri ponsel, kamu bisa memasukkan video lebih dari satu dengan cara menekan tombol “add” pada pojok kanan atas.
  7. Setelah semua video telah terpilih, kamu juga bisa memotong klip video agar sesuai dengan durasi yang diinginkan.
  8. Pada fitur reels ini, Instagram juga memudahkan kamu untuk menyunting video dengan filter, efek, stiker, teks, hingga lagu agar video mu lebih menarik.
  9. Kamu bisa memilih lagu dari ponsel atau merekam audio langsung lewat menu “record”. Kamu juga bisa mengatur dan mematikan volume lagu atau suara dari video asli. Fitur teks juga bisa kamu atur posisi, durasi penempatan, maupun ukurannya. 
  10. Video yang telah kamu buat bisa dibagikan dengan pengguna lain lewat fitur Instagram stories, feeds, atau direct message. Jika dibagikan lewat instagram stories, maka video reels akan hilang setelah 24 jam, tapi jika dibagikan lewat feeds maka akan terpampang selamanya pada profilmu sama seperti ketika kamu mengupload foto dan Igtv di feeds mu.

Sedikit tips buat kamu supaya video yang kamu upload bisa ditonton oleh banyak pengguna, yaitu upayakan untuk merekam video dengan kualitas terbaik dan tidak terlalu blur, jangan upload video dengan watermark aplikasi/platform lain, dan minimalkan tulisan atau teks dalam video.

Inovasi baru fitur Instagram reels ini merupakan salah satu cara lain agar kamu bisa meningkatkan engagement profilmu loh! Jadi, tunggu apa lagi, segera coba fitur baru dari Instagram ini dengan mengikuti langkah-langkah di atas ya. 

Menu