ide konten instagram

21 Ide Konten Instagram untuk Online Shop Berbagai Tema No ratings yet.

Pentingnya ide konten Instagram dapat mendongkrak engagement konten produk kamu. Sudah tidak zamannya lagi membagikan soal produk dan harga terus-menerus. Konten pendukung seputar produk perlu untuk menarik perhatian audiens.

Mereka tidak akan menilai akun kamu mempunyai suasana monoton yang haus uang, kurang bergairah, hanya dengan gambar barang-barang jualan. Ide-ide berikut ini dapat kamu jadikan referensi, bahkan bisa menciptakan hubungan personal dengan pelanggan kamu, lho.

Ide Konten Instagram, Mendongkrak Engagement!

Sebagai seorang pebisnis, mempunyai tim atau pihak tersendiri yang khusus mengatur konten pada akun Instagram setiap harinya adalah hal wajib. Para pengatur konten dapat memakai ide-ide berikut ini.

1. Mengunggah Tutorial Singkat

mengunggah tutorial singkat

Media sosial bisa menjadi sarana kamu dalam berbagi tutorial. Tutorial make up, memasak, membuat barang kreasi atau DIY dapat menjadi ide konten Instagram yang menjanjikan. Untuk menambah viewers video tutorial kamu, tersedia jasa instagram views.

2. Menampilkan BTS (Behind The Scene)

menampilkan bts

Konten ‘behind the scene’ akan lebih efektif jika kamu bagikan di Instagram Story atau Reels. Kamu bisa menampilkan pihak-pihak yang ikut campur tangan dalam mengelola bisnis, proses pembuatan satu produk, dan lain sebagainya.

3. Mengenalkan Tim Pengelola

mengenalkan tim pengelola

Kamu bisa menampilkan orang-orang hebat di balik bisnis yang kamu jalankan. Konten seperti ini dapat menimbulkan hubungan lebih dalam yang bersifat personal antara followers dan produk kamu. Sekaligus menyampaikan juga bahwa jalannya bisnis pun tidak lepas dari sisi manusiawi.

4. Membuat Konten dengan Seri

 

membuat konten dengan seriKamu bisa memilih tema dan mengajak kolaborator atau influencer untuk bekerja sama. Konten berseri juga dapat berupa kisah kamu sendiri dalam membangun usaha dari nol, misalnya.

Unggahan seperti ini bisa memicu rasa penasaran audiens dan memungkinkan mereka untuk ‘stay’ memantau akun kamu dengan menunggu seri selanjutnya.

5. Membagikan Informasi Bermanfaat dengan Carousel

membagikan informasi bermanfaat dengan carousel

Format Carousel membuat kamu bisa mengunggah banyak konten foto atau video dalam sekali unggahan. Penjelasan produk akan ditampilkan secara singkat agar tulisan tidak bertumpuk pada satu gambar.

6. Membuat Instagram Guide

membuat instagram guide

Fitur baru bernama Instagram Guide disediakan untuk pengguna dalam berbagi tips, trik, rekomendasi, atau hasil kurasi mengenai apapun kepada followers.

Fitur ini mengemas konten seperti artikel yang menyerupai majalah untuk produk kamu. Agar memperoleh jumlah likes memuaskan di Instagram Guide kamu, kamu bisa menggunakan jasa instagram like.

7. Membuat Konten Kolaborasi dengan Influencer di Instagram TV

Kolaborasi dengan Kreator Konten Lain

Konten ini akan melibatkan influencer-influencer di Instagram. Mereka dapat menaikkan reputasi sekaligus memperluas jangkauan untuk audiens. Ingatlah untuk membuat konten dengan sajian yang relevan, bermanfaat, dan informatif untuk penonton.

8. Melakukan Live dengan Bintang Tamu

melakukan live dengan bintang tamu

Bintang tamu yang sekiranya cocok untuk Live bisa dari influencer atau selebgram, pakar terkait yang mengerti seputar produk kamu, bahkan kolega kamu sendiri.

9. Membagikan Fakta Menarik dengan Statistik

membagikan fakta dengan statistik

Fakta mengejutkan atau fakta lucu dapat dikemas dalam satu gambar atau beberapa gambar. Kamu dapat pula menambahkan grafik atau petunjuk stastik yang mendukung fakta itu di dalam unggahan. Pastikan itu bukan hoax dan bersifat fakta karena akan berpengaruh pada kredibilitas toko kamu.

10. Membagikan Kutipan

membagikan kutipan

Kutipan atau quotes tertentu kerap kali menarik hati audiens, apalagi ketika isinya sedang pas dengan suasana hati. Kamu bisa coba mencari kutipan yang relevan dengan produk kalian.

11. Membagikan Testimoni Pelanggan

membagikan-testimoni-pelanggan

Penilaian pelanggan juga dapat menjadi ide konten Instagram apabila kamu benar-benar kehabisan ide. Terlebih jika testimoni tersebut memberikan penilaian baik. Testimoni terkesan lebih natural karena memang disampaikan langsung oleh pelanggan, bukan pencitraan yang kamu ciptakan bersama tim bisnis.

12. Membagikan User-Generated Content

 

membagikan user-generated contentBeberapa pelanggan pasti pernah mengunggah konten bersama produk kamu. Cobalah untuk meminta mereka menandai akun kamu agar bisa kamu bagikan ulang.

Ide ini menunjukkan bahwa ada interaksi antara kamu dan pelanggan sehingga bisa meningkatkan kredibiltas bisnis kamu.Tambahkan testimoni langsung di kolom komentar kamu dengan jasa comment instagram.

13. Membuat Kuis, Polling, dan Pertanyaan

membuat kuis, polling

Riset kecil-kecilan ini tidak menguras waktu juga uang. Kamu bisa meminta pendapat langsung dari followers atau pelanggan dari konten kuis atau polling. Nantinya hasil juga dapat dilihat secara publik.

Pertanyaan yang telah dijawab dapat menjadi referensi atau evaluasi untuk kamu. Dengan ide ini, kamu dapat sekalian melakukan promosi produk lewat pendapat audiens.

14. Membuat FAQ Seputar Produk atau Bisnis

membuat faq

Untuk mengenal produk kamu lebih jauh, ide konten Instagram ini dapat kamu pakai. Daftarlah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan atau audiens, kemudian rangkum jawabannya dalam satu gambar.

15. Mengadakan Lomba atau Give Away

mengadakan lomba dan give away

Ide ini menandakan bahwa kamu menghargai keberadaan audiens kamu. Ide ini juga bisa mengundang peningkatan jumlah followers jika kamu membuat syarat-syarat tertentu bagi peserta.

Syarat-syarat itu bisa berupa wajib mengikuti akun kamu, wajib memberi likes dan comment, menandai teman pada kolom komentar, atau membagi ulang konten kamu di Story mereka.

16. Mengadakan Flash Sale atau Promo Dadakan

mengadakan-flash-sale-atau-promo

Mirip dengan lomba atau give away, flash sale juga dapat membuat lonjakan perhatian audiens. Kamu dapat menentukan kode potongan khusus dan batas waktu tertentu berlakunya diskon itu.

Ide ini dapat menarik pelanggan lebih banyak karena harga potongan yang kamu buat. gunakan jasa followers instagram agar produkmu dapat ‘tercium’ oleh lebih banyak audiens.

17. Membuat Konten Pengumuman

membuat konten pengumuman

Kamu bisa sekadar mengucapkan terima kasih ketika produk kamu habis terjual, atau toko kamu akan mengalami vakum sementara pada masa-masa tertentu.

18. Menceritakan Produk atau Project Mendatang

menceritakan-produk

Produk dengan variasi baru menjadikan bisnismu tidak monoton. Kamu dapat merilis informasi singkat untuk menumbuhkan rasa penasaran audiens untuk menunggu hingga hari rilisnya.

19. Membuat Hitung Mundur Peluncuran Produk

membuat hitung mundur peluncuran produk

Menuju hari launching, kamu dapat membuat konten hitung mundur atau countdown di Instagram Story. Ingatlah untuk membagikan ini satu hari sebelum hari peluncuran.

Selain menggunakan fitur countdown pada Story, kamu juga bisa melakukan countdown manual dengan konten harian sesuai jumlah hari yang kamu inginkan. Misalnya dari H-5, H-10, dan sebagainya.

20. Merayakan Tanggal Merah atau Hari Libur Nasional

merayakan tanggal merah

Kamu bisa membuat konten seputar ucapan hari besar, seperti Lebaran, Natal, Hari Kemerdekaan, dan lain sebagainya. Kamu bisa meningkatkan likes untuk konten seperti ini dengan jasa auto like instagram.

21. Membagi Ulang Akun atau Brand Kesukaan

membagi ulang akun kesukaan

Yang terakhir, kamu bisa mencari konten yang mungkin saja akan disukai oleh audiensmu. Jangan lupa sertakan credit atau menandai akun brand tersebut, ya agar tidak terjadi masalah copyright di kemudian hari.

Banyak ide konten Instagram, banyak pula yang bisa kamu kantungi untuk diterapkan ke depannya. Perlu juga untuk mengunggah konten secara rutin dan membuat jadwal tentang topik unggahan tertentu, agar konten unggahan tidak terkesan ‘itu lagi, itu lagi’.

Please rate this

Menu