cara riset hashtag instagram

4 Cara Riset Hashtag Instagram untuk Engagement

Untuk memaksimalkan produk bisnis kamu, perlu engagement tinggi agar kamu juga tahu sudah seberapa ‘terkenal’ konten produk kamu di kalangan calon pembeli. Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah dengan mengetahui cara riset hashtag Instagram.

Hashtag bisa menjadi jejak tersendiri dari produk kamu untuk ‘dilacak’ oleh calon pelanggan, di mana penggunaan hashtag sendiri fungsinya seperti mencari kategori produk. Penanda ini dapat kamu pakai dan sesuaikan untuk membuat produk kamu dicari dengan kata kunci spesifik.

Cara Riset Hashtag Instagram melalui Aplikasi Instagram

Berikut ini adalah beberapa cara riset hashtag Instagram yang bisa kamu lakukan langsung melalui aplikasi atau tanpa tools tambahan di luar Instagram.

1. Menentukan Kata Kunci untuk Dijadikan Hashtag

menentukan kata kunci untuk dijadikan hashtag

Hal paling pertama yang harus dilakukan sebelum riset adalah menentukan kata kunci. Kamu harus tahu, agar calon pembeli menemukan produkmu, kata kunci apa yang tepat agar konten produk kamu lewat ketika pengguna lain mencari dengan hashtag tertentu.

Kata kunci bisa ditentukan berdasarkan jenis produk, lokasi, manfaat produk, dan sebagainya yang dapat mengoptimalkan konten produk tersebut. Jasa instagram like dapat membantu mengoptimalkan unggahan kamu.

2. Riset di Kolom Pencarian

riset di kolom pencarian

Melalui kolom pencarian, kamu bisa melihat-lihat hashtag yang tengah populer atau sedang ramai-ramainya. Hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian, lalu pilih kategori ‘Tag’, maka daftar hashtag akan muncul dengan jumlah konten yang memakai kata itu di dalamnya.

Kamu bisa menyimpan hashtag-hashtag yang menurut kamu tepat dan menarik. Setelahnya, hashtag-hashtag tersebut dicocokkan sesuai dengan kebutuhan konten unggahan kamu nantinya.

3. Riset Hashtag di Post Terpopuler

riset hashtag di post populer

Setelah mendapatkan hashtag-hashtag terpopuler sesuai kata kunci, pilih salah satu hashtag terpopuler sehingga konten unggahan yang menggunakan hashtag yang dicari terpampang. Pilih ‘Top’ agar konten ditampilkan menurut popularitasnya.

Konten pada Top Post akan lebih banyak tersebar pada followers dari hashtag yang dipakai dalam konten tersebut. Untuk bisa masuk ke Top Post, kamu bisa menggunakan jasa auto like instagram.

Bukalah caption-nya, lihat kembali hashtag apa saja yang digunakan di sana. Kemudian, kamu bisa memilih hashtag yang cocok sesuai dengan produk bisnismu.

4. Riset Hashtag Selebgram

riset hashtag selebgram

Tidak jarang selebgram menggunakan akun Instagram mereka untuk berbisnis juga. Dengan strategi umum, yaitu mencari hashtag relevan untuk mendukung konten produk mereka, biasanya mereka mengikuti hashtag-hashtag andalan tertentu.

Kamu bisa melihat hashtag apa saja yang diikuti oleh selebgram itu dan kemungkinan mereka akan melihat produk kamu juga suatu saat ini. Dengan cara itu, konten kamu bisa jadi masuk juga ke laman Explore dari pengikut selebgram itu.

Tetapi, bagaimana cara melihat hashtag-hashtag yang diikuti oleh selebgram itu? Kamu hanya perlu membuka profil mereka. Lalu tekan ‘Following’, dan daftar hashtag yang diikuti akan muncul di baris paling atas. Kalau tampilan tersebut tidak ada, maka tidak ada hashtag yang di-follow oleh akun tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan hashtag-hashtag andalan yang sering digunakan oleh selebgram tersebut saat mempromosikan produknya. Walau tidak bisa mendeteksi jumlah followers, kamu bisa menyesuaikan kembali hashtag yang cocok untuk produk kamu dengan cara sebelumnya.

Cara Riset Hashtag Instagram dengan Tools Khusus

Dalam mengoptimalkan konten, kamu mungkin perlu Jasa followers Instagram agar produk dapat menjangkau audiens lebih jauh. Selain itu, kamu juga harus tahu cara riset hashtag Instagram dengan lebih cepat, yaitu menggunakan tools aplikasi.

Tools ini dapat membantu kamu untuk memaksimalkan kamu lagi yang sudah memahami riset hashtag di aplikasi Instagram sebelumnya. Tools-tools ini pun beragam, mulai dari gratis hingga berbayar. Khusus beberapa tools yang akan dijelaskan berikut ini, kamu bisa menggunakannya secara gratis.

1. Keywordtool.io

keywordtool io

Tools ini bisa menampilkan banyak data seperti rekomendasi hashtag hingga 750 hashtag, jumlah post dalam hashtag, dan sebagainya. Keywordtool.io memakai data Google Autocomplete dan menawarkan dua versi, gratis dan berbayar.

Karena itu, tools ini juga bisa kamu pakai tanpa harus membuat akun. Tetapi tentu saja versi berbayar akan menampilkan data yang lebih banyak dan lengkap daripada versi gratis.

2. Seekmetrics

seekmetrics

Tools ini bisa dikatakan termasuk sederhana dan mudah di pakai. Kamu akan diperlihatkan beberapa tren di Instagram. Hanya dengan memasukkan hashtag sesuai keyword yang kamu inginkan, Seekmetrics akan menampilkan beberapa hashtag yang bisa dijadikan rekomendasi.

Selain itu, Seekmetrics bisa juga dipakai untuk riset kata kunci untuk mengoptimalkan SEO, content marketing, dan keperluan di bidang marketing lainnya. Ribuan kata kunci yang tersedia dalam jangka waktu singkat lah yang membuat tools ini berguna selain untuk riset hashtag.

3. Displaypurposes.com

Tools ini memiliki cara kerja serupa dengan hashtag generator. Mirip Seekmetrics, Displaypurposes.com juga mudah digunakan. Kamu cuma perlu memasukkan hashtag sesuai keyword pada kotak yang disediakan. Setelah itu, laman akan menampilkan rekomendasi hashtag yang dituju.

Tools ini tidak berbayar. Hal ini membuat Displaypurposes.com kerap kali menjadi rekomendasi untuk melakukan riset hashtag.

4. Webstagram

webstagram

Kelebihan tools ini adalah, tidak hanya menampilkan hashtag yang tengah populer, tetapi juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan hashtag yang tengah dipakai oleh pesaing. Selain itu, fitur-fitur Instagram juga terdapat di sini, seperti like, comment, edit, share, dan explore.

Webstagram juga menjadi tools yang kerap dipakai oleh pegiat media sosial. Fiturnya yang beragam membuat kamu mudah dalam melakukan riset hashtag dan kata kunci. Cara riset hashtag Instagram dengan tools ini cukup populer.

5. Allhashtag

allhashtag

Tools ini menyediakan fitur yang cukup lengkap, seperti Hashtag Generator, Hashtag Creator, Hashtag Analytics, dan Top Hashtag di Instagram.

Fitur-fitur ini berkemungkinan untuk membuat konten produk kamu meraih posisi 30 teratas berdasarkan hashtag. Gunakan Jasa Instagram Views untuk meraih posisi itu.

Selain fitur-fitur itu, Allhashtag juga memberikan tiga opsi filter, yakni Top Hashtag, Random Hashtag, Live Hashtag, dan Similar Hashtag. Dengan lebih banyak pilihan fitur, kamu dapat lebih mudah menentukan hashtag untuk konten produk.

6. Talkwalker

talkwalker

Tools ini memungkinkan kamu untuk melakukan tracking hashtag dan mention sebuah produk dengan merk tertentu di media sosial. Selain itu, kamu juga bisa mencari kata kunci populer dan membantu kamu untuk mengikuti hashtag yang telah dibuat di media sosial.

Talkwalker juga memberikan kemudahan dalam mengatur notifikasi harian atau mingguan berdasarkan kata kunci tertentu dalam berita, blog, atau konten pada platform media online lainnya.

Mengapa Menggunakan Hashtag?

mengapa menggunakan hashtag

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, hashtag adalah salah satu komponen pada aplikasi Instagram yang dapat mengumpulkan konten sesuai kategori tertentu. Begitu pun untuk konten produk kamu, keberadaan hashtag bisa dibilang penting.

Mengetahui cara riset hashtag Instagram semata-mata tidak terlepas dari keuntungannya sendiri. Di antara banyaknya konten unggahan dengan berbagai perbedaan satu sama lain, hashtag berguna untuk calon pembeli dalam menemukan konten produk kamu.

Ketika tiba-tiba kolom komentar kamu sepi, bisa jadi hashtag yang kamu pakai kurang tepat. Tapi, kamu bisa memakai jasa comment instagram untuk mengatasinya. Karena itu, memilih hashtag juga tidak boleh asal-asalan dan sembarangan.

Diperlukan riset sehingga ketika tiba-tiba engagement menurun, kamu bisa menganalisis sendiri di mana kesalahannya dan dengan cara apa memperbaikinya. Dengan spesifikasi yang diberikan, orang-orang dengan ketertarikan yang mirip atau sama dapat menjangkau konten produk yang tengah dicarinya.

Strategi lain untuk menaikkan engagement adalah dengan menaruh hashtag pada konten produk kamu. Dengan menerapkan cara riset hashtag Instagram secara optimal dan maksimal, produk kamu bisa dikenal orang banyak walaupun tidak memasang iklan berbayar.

Menu