Cara menjadi youtube pemula modal hp

Intip Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal Hp

Saat ini, pekerjaan menjadi konten kreator di platform media khususnya YouTube sangat menarik. Selain bisa terkenal, menjadi seorang YouTuber sukses juga bisa menghasilkan uang yang fantastis setiap bulannya seperti Atta Halilintar atau Ria Ricis.

Kepopuleran serta kesuksesan tentu jadi poin menarik bagi kamu yang ingin meramaikan platform YouTube. Tidak perlu menggunakan kamera mahal, lighting, atau perlengkapan mahal lainnya, kamu masih bisa memiliki kesempatan untuk menjadi YouTuber terkenal hanya modal Hp lho

Cara Sukses Menjadi YouTuber Pemula Modal Hp

Berikut beberapa cara menjadi YouTuber pemula modal Hp yang dijamin efektif!

1. Buat Channel YouTube Profesional

Cara menjadi YouTuber pemula modal Hp pertama adalah membuat channel YouTube profesional. Mengapa harus profesional? Sebab, channel ini akan menunjukkan identitas kamu sebagai YouTuber nantinya.

Tidak hanya nama channel, akun email yang kamu gunakan pun juga harus profesional dan sama seperti nama channel YouTube milikmu. Misalnya nama channel akun YouTube milikmu adalah Makan Enak Yuk. Maka, nama email yang bisa kamu gunakan adalah tim_makanenakyuk atau lainnya.

Sebagai tambahan informasi buat kamu, pemilihan nama channel YouTube harus sesuai dengan konten-konten yang akan kamu produksi nantinya. Semakin profesional nama channel yang kamu gunakan, maka semakin bisa meyakinkan para penonton terhadap konten-konten yang akan kamu produksi setiap hari atau setiap minggunya.

2. Membuat Konsep Konten yang Menarik

Membuat atau merencanakan konsep konten yang menarik merupakan bagian dari cara menjadi YouTuber pemula modal Hp yang paling penting dan tidak boleh kamu lewatkan lho. Jika kamu masih bingung konsep apa yang sekiranya menarik banyak penonton, beberapa konsep seperti food vlogger, tutorial makeup, review skincare, gamer, hingga unboxing fashion item bisa jadi inspirasi kamu.

Intinya, pilihlah konsep konten yang sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Jangan membuat konten yang sifatnya ‘mengikuti’ pasar atau tren di YouTube. Karena ini akan membuat channel kamu terlihat tidak konsisten dalam memproduksi sebuah konten.

Agar konsep YouTube nantinya terlihat berbeda dan menarik, kamu perlu melakukan banyak riset terhadap beberapa akun yang memiliki konsep serupa dengan channel YouTube milikmu. Catatlah poin-poin yang menarik, misalnya gaya bahasa, tagline atau sapaan kepada para subscriber, editing, dan hal-hal yang menurut kamu menarik.

Selain itu, kamu juga perlu mencatat hal-hal yang sifatnya kurang menarik atau jadi kelemahan dari channel tersebut. Misalnya pembawaan diri yang terlalu kaku, video yang terlalu monoton, dan kelemahan lainnya yang bisa dijadikan evaluasi untuk channel YouTube milikmu nantinya.

3. Edit Video Agar Lebih Menarik

Meskipun hanya menggunakan Hp, kamu masih bisa melakukan editing dengan aplikasi-aplikasi ringan dari Hp. Pilihlah aplikasi yang memiliki fitur lengkap seperti penambahan audio, efek, transisi, cutting, dan penyimpanan resolusi video berkualitas tinggi.

Proses editing memang butuh waktu lama, tetapi jika kamu benar-benar kreatif dan sabar saat melakukannya, maka hasilnya pun akan memuaskan. Semakin bagus video yang kamu edit, maka semakin berpeluang besar untuk menarik banyak viewers. Kamu juga bisa melihat beberapa tutorial editing agar konten yang kamu hasilkan menarik dan memanjakan mata. 

Setelah selesai editing, kamu bisa mengunggah konten tersebut ke channel YouTube. Nah, pada poin di sini, hal yang tidak boleh kamu abaikan adalah membuat deskripsi konten yang informatif dan menarik. Tambahkan juga beberapa hashtag yang sesuai dengan konten milikmu agar nantinya masuk ke dalam daftar pencarian penonton yang memasukkan hashtag sebagai keyword. Ini akan menambah jumlah viewers pada channel kamu.

Semakin banyak viewers yang melihat, artinya konten kamu tepat pada sasaran. Namun, untuk mendapatkan viewers yang banyak tentu tidaklah mudah. Kamu harus bersaing dengan YouTuber lainnya yang memiliki konsep konten serupa. Kamu tidak perlu khawatir, sebab saat ini sudah ada beberapa jasa views YouTube yang akan bantu kamu menambah jumlah viewers. Ini adalah salah satu cara menjadi YouTuber pemula modal Hp yang efektif.

Cara Lain yang Tidak Kalah Penting

Setelah selesai melakukan tahapan produksi konten, ada cara lain yang tidak kalah penting untuk kamu terapkan sebagai seorang konten kreator YouTube. Oleh sebab itu, simak dua cara berikut ini:

1. Harus Konsisten

Memang tidak mudah untuk meraup kesuksesan lewat YouTube. Namun, hal ini tidak boleh kamu jadikan sebagai penghambat untuk menjadi seorang YouTuber sukses. Ada berbagai macam faktor yang akan menjadi penghambat kamu untuk memproduksi konten, seperti jumlah subscriber, jumlah like, dan komen.

Bagi YouTuber, jumlah subscriber adalah hal penting untuk membuat channel berkembang. Konten yang menarik pun belum bisa menjamin kamu memiliki subscriber banyak lho. Tapi tenang saja, kamu bisa mengandalkan jasa subscriber YouTube untuk menambah jumlah pengikut setia kamu.

Jumlah like dan komen ternyata juga bisa menghambat konsisten kamu dalam memproduksi konten. Mengapa? Sebab, kamu akan merasa gagal dalam membuat konten karena jumlah like dan komen yang di bawah ekspektasi. Namun, hal ini bisa kamu atasi dengan mengandalkan jasa like YouTube dan jasa comment YouTube untuk menambah semangat kamu dalam membuat konten.

Meskipun kamu merupakan pemula dan hanya bermodalkan Hp, tapi dengan selalu konsisten memproduksi konten harian atau mingguan, secara perlahan kamu akan berhasil. Jadi, konsisten juga termasuk salah satu cara menjadi YouTuber pemula modal Hp sukses di tengah sengitnya persaingan antar kreator.

2. Berinteraksi dengan Subscriber

Cara menjadi YouTuber pemula modal Hp yang terakhir adalah melakukan interaksi dengan subscriber. Mengapa hal ini sangat penting? Sebab, jika hubungan kamu dengan para pengikut atau subscriber channel YouTube dalam situasi yang baik, maka mereka akan loyal terhadap akun YouTube milikmu.

Ada beberapa cara untuk lebih dekat dengan para subscriber, misalnya menanyakan opini atau rekomendasi mereka tentang konten selanjutnya, mengajak mereka ikut berpartisipasi dalam konten milik kamu, atau mengadakan giveaway. Cara ini bisa membuat mereka lebih loyal dan aktif mengikuti update konten-konten kamu nantinya.

Mempelajari Algoritma YouTube

Berkarir sebagai YouTuber adalah pilihan yang tepat di era digital seperti saat ini. Nah, untuk memaksimalkan konten yang telah diproduksi, kamu perlu memanfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh pihak YouTube. 

Fitur-fitur ini nantinya akan berkaitan dengan algoritma YouTube yang akan menentukan konten apa saja yang masuk trending. Berikut algoritma yang tidak boleh kamu abaikan:

1. Search dan Trending

Ini adalah fitur pertama yang berguna untuk mencari konten di YouTube. Nah, di sinilah pentingnya keywords atau hashtag yang sudah kamu tulis di judul maupun deskripsi konten milikmu.

Sedangkan trending ini akan menunjukkan konten-konten apa saja yang sedang populer. Biasanya YouTube akan memperbaharui konten yang trending setiap 15 menit sekali.

2. Home and Recommended Video

Jika konten kamu semakin banyak likes dan komen, maka semakin berpeluang masuk ke dalam fitur home and recommended video. Oleh karena itu, jumlah likes, views, dan komen memang sangat berpengaruh,

Nah, itulah beberapa cara menjadi YouTuber pemula modal Hp yang bisa langsung kamu coba. Tapi ingat, jangan pernah putus asa dalam memproduksi konten-konten di YouTube ya. Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu kamu!

Menu