cara menjadi influencer

9 Cara Menjadi Influencer di Media Sosial No ratings yet.

Cara menjadi influencer di sosial media memang bukan perkara yang mudah dilakukan. Namun untuk langkah-langkah yang dilakukan tentunya tidak boleh diabaikan dan disepelekan begitu saja. Untuk saat ini memang ada banyak sekali orang yang berlomba-lomba berkeinginan untuk mengunggah konten.

Tujuannya hanya untuk memperoleh eksposur dan menjadi orang yang lebih terkenal. Menjadi influencer memang tidak hanya sebatas kepopularitasan di sosial media saja. Melainkan juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang berasal dari sosmed itu sendiri.

Cara Menjadi Influencer Sosial Media

Berprofesi sebagai influencer memang tidak disalahkan, namun jika kamu tertarik ingin menggeluti profesi ini maka pastinya ada beberapa tips yang bisa membantu kamu agar bisa meraih impian sebagai influencer. Bagaimana cara menjadi influencer? Berikut ini tips yang bisa diikuti:

1. Sesuaikan Dengan Bakat

sesuaikan dengan bakat
Asian young female blogger recording vlog video with mobile phone live streaming when travel.online influencer on social media viral concept

Agar bisa menjadi seorang influencer tanpa tertekan, maka carilah hal apapun yang sekiranya kamu menyukainya. Contohnya kamu menyukai dunia make up, maka kamu bisa membagikan ke orang lain. Tips-tips seputar dunia make up, tips menciptakan make up yang glowing yang menarik.

Kamu tidak perlu mengikuti konten orang lain yang sudah berhasil menjadi influencer. Namun tetaplah menjadi diri kamu sendiri yang meminati bakat berdasarkan dari hal yang kamu suka. Jangan sampai kamu menjadi influencer hanya sekedar ikut-ikutan dan membuat konten viral.

Padahal kamu tidak menyukai bidang tersebut. Pikirkan dengan baik-baik perihal minat apa yang kamu sukai dan jangan terburu-buru untuk memutuskannya.

2. Berbagi Ilmu

Agar banyak audiens yang mengenali Kamu di sosial media, maka harus lebih sering-sering membagikan ilmu atau berbagi cerita menarik kepada para audiens. Perlu diketahui dengan baik bahwa menjadi influencer tidak hanya mengunggah foto maupun video saja.

Melainkan harus mempunyai Insight yang sangat berguna bagi setiap penontonnya. Misalnya saja kamu mempunyai daya tarik terhadap dunia kuliner, maka dapat memasak dan bisa membagikan rahasia menarik seputar dunia kuliner atau memasak.

Jika sekiranya kamu mempunyai resep-resep kreasi secara khusus maka kamu dapat mencoba berbagi cerita, berbagi tips dan mengunggah foto. Setelah itu barulah mengemas konten dalam bentuk foto dan video yang menarik.

Menjadi seorang influencer juga dituntut untuk bisa belajar editing mulai dari sekarang, supaya menghasilkan konten yang lebih berkualitas.

3. Merapikan Feed Instagram

Merapikan feed Instagram menjadi kewajiban bagi kamu yang berkeinginan untuk menjadi influencer yang terkenal. Hal ini dapat dimulai dari segi warna foto yang senada antara foto yang satu dengan foto yang lainnya. Dengan begitu maka akan terlihat lebih beragam.

Kamu perlu belajar editing, contohnya seperti melalui aplikasi VSCO atau Adobe lightroom yang seringkali digunakan. Kedengarannya memang ini sepele. Namun pada kenyataannya cara menjadi influencer ini sangat berpengaruh terhadap seseorang yang ingin terkenal di sosial media.

4. Memperluas Networking

Networking atau pergaulan perlu diperluas supaya lebih memudahkan kamu untuk memperoleh exposure. Sementara untuk dapat menjadi seorang influencer juga harus sering-sering berinteraksi bersama dengan influencer yang lainnya.

Mungkin saja hal ini seperti sebutan di zaman sekarang ini yaitu panjat sosial atau pansos. Meskipun arti dari pansos ini berkonotatif negatif, namun kamu tetap dapat melakukan pansos dengan cara yang lebih baik. Untuk caranya yaitu caper dengan influencer lain.

Contohnya dengan memberikan komen yang positif maupun berhubungan dengan konten yang sedang dibuatnya. Selain itu kamu juga dapat mencari topik yang menarik untuk dibahas bagi si influencer. Namun jangan sampai memberikan komentar yang sekiranya tidak penting.

Misalnya seperti bot yang pada akhirnya hanya menjadi pengganggu saja. Cara lain yang bisa dicoba yaitu dengan rajin datang ke acara tertentu sesuai yang diminati. Cara ini tidak hanya dapat menambah networking saja, melainkan juga bisa menambah wawasan yang berhubungan dengan topik.

5. Harus Konsisten

Kunci keberhasilan untuk menjadi seorang influencer yaitu konsisten. Cara menjadi influencer secara konsisten yang dimaksud disini yaitu mengunggah setiap konten. Apabila jarang mengupload maka sudah bisa dipastikan kamu akan kalah jika dibandingkan dengan saingan lain yang sering mengupload.

Harus diingat bahwa konsistensi dalam mengatur konten harus diimbangi dengan kualitas video maupun topik yang berkualitas juga. Sering-seringlah meng-upload konten, tapi tetap memberikan Insight supaya konten Anda tersebut dilirik oleh audiens.

Pikirkan dengan matang topik apa yang bisa kamu gunakan sebelum memutuskan untuk membuat sebuah konten. Selain itu kamu juga dapat membuat planner berisi tema-tema yang dapat diunggah ke sosial media.

6. Interaksi

Tugas dari seorang influencer yaitu harus berani berinterkasi dengan para masyarakat dan terhadap hal-hal yang positif. Alasannya karena seorang influencer menjadi ikon maupun opinion leader dari suatu hal yang cukup berpengaruh pada setiap pengikutnya nanti.

Sehingga jangan pernah lupa untuk terus menerus melakukan interaksi kepada mereka. Selain itu juga dapat memberikan opini-opini sebagai influencer. Dengan begitu maka seorang influencer menjadi bentuk komunikasi dua arah dan kamu tidak dapat mengabaikan follower.

7. Memenuhi Persyaratan Yang Diberlakukan

memenuhi persyaratan yang diberlakukan

Cara menjadi influencer selanjutnya yang tidak boleh diabaikan yaitu perihal syarat yang ditetapkan. Menjadi seorang influenser harus memenuhi persyaratan seperti mempunyai akun sosial media yang aktif, jumlah folowers minim 5000. mempunyai kreativitas yang tinggi.

Dengan jumlah follower yang lebih banyak maka lebih memudahkan bagi influencer yang mempromosikan produk agar lebih tersampaikan ke para masyarakat lebih luas. Jika jumlah follower lebih banyak maka berkesempatan akan dilirik oleh brand semakin luas pula.

Namun untuk jumlah pengikut ini pastinya harus diiringi dengan elemen yang disesuaikan pada setiap campaign yang sedang kamu ikuti. Sehingga sangat disarankan untuk tidak melakukan hal-hal yang berbau kecurangan.

Contohnya seperti melakukan pembelian follower, karena hal ini justru tidak akan membantu kamu untuk meningkatkan brand awareness berasal dari produk yang sedang dipromosikan.

8. Mengoptimalkan Sosial Media

mengoptimalkan media sosial
social media marketing dan advertising

Untuk saat ini memang ada banyak sekali platform sosial media yang dapat dimanfaatkan agar bisa menjajaki karir sebagai seorang influencer. Kebanyakan dari influencer akan memanfaatkan lebih dari satu platform yang paling populer. Contohnya seperti Instagram. Tik Tok atau yang lainnya.

Jika kamu sudah menentukan faktor mana yang bisa dimanfaatkan, maka silakan optimalkan profil kamu yang ada di sosial media. Cara yang paling tepat untuk mengoptimalkan profil tersebut yaitu seringkali berbagi informasi yang penting dan selalu eksis di sosial media tersebut.

9. Mengubah Akun Personal Menjadi Akun Bisnis

Cara menjadi influencer selanjutnya yaitu mengubah akun personal agar menjadi akun bisnis. Dengan bantuan akun bisnis inilah maka kamu bisa melihat aktivitas dari para audiens. Selain itu kamu juga bisa mengembangkan akun yang kamu miliki.

Tentu saja hal ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai materi analisa pada sebuah konten yang yang ingin kamu buat selanjutnya.

Memang ada banyak sekali langkah yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang influencer. Berdasarkan dari beberapa cara menjadi influencer yang ada di atas maka bisa kamu coba dan disarankan untuk tidak menyepelekan hal-hal kecil karena dari hal kecil inilah bisa berpengaruh ke hal yang besar.

Please rate this

Menu