cara menghubungkan instagram shopping

Cara Menghubungkan Instagram Shopping

Fitur baru Instagram, Instagram Shopping, menjadi pilihan tepat untuk kamu yang bergelut di bidang bisnis online. Fitur ini membuat produk kamu jadi lebih mudah ‘ditangkap’ oleh audiens kalau kamu tahu cara menghubungkan Instagram Shopping.

Mengapa? Karena pemakai Instagram kerap kali membuka situs web toko setelah melihat konten produk di akun Instagram. Tapi, tentu kamu dibebankan beberapa syarat untuk bisa memakai fitur Instagram Shopping ini, termasuk menghubungkan akun bisnis kamu dengan Katalog Facebook.

Mengenal Instagram Shopping

mengenal instagram shopping

Dikutip dari Hootsuite, Indonesia menduduki peringkat ke empat dengan pengguna Instagram terbanyak, di mana jumlahnya mencapai 59 juta pengguna di kuartal ke tiga tahun 2019. Didorong oleh jasa followers instagram, dapat menambah peluang kamu dalam berbisnis melalui Instagram.

Kamu tidak hanya bisa mempromosikan produk dengan Instagram atau Facebook Ads, karena sekarang Instagram punya fitur baru yang bisa kamu pakai. Fitur itu bernama Instagram Shopping.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, Instagram punya syarat-syarat kelayakan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Jadi, sebelum berangkat ke cara menghubungkan Instagram Shopping, kamu bisa menyimak persyaratannya dulu yang akan dibahas di bawah ini.

Persyaratan Instagram Shopping

memenuhi persyaratan yang diberlakukan

Untuk bisa menggunakan fitur dan menerapkan cara menghubungkan Instagram Shopping, kamu perlu memenuhi syarat-syarat yang diminta. Karena, Instagram sendiri tidak sembarang memilih akun bisnis untuk bisa merasakan fitur tersebut. Berikut ini adalah syarat agar permintaan kamu diterima.

  • Aku kamu harus merupakan akun profesional atau akun bisnis.
  • Produk kamu harus memenuhi syarat Instagram, yaitu produk fisik. Produk jasa belum bisa memakai fitur ini.
  • Bisnis kamu harus berada di lokasi atau area yang didukung oleh Instagram Shopping.
  • Bisnis kamu mempunyai situs web dengan domain sendiri untuk berjualan.
  • Akun kamu wajib memenuhi standar kebijakan perdagangan Instagram dan Facebook.
  • Akun kamu harus terhubung dengan katalog produk di Facebook. Kamu bisa membuat katalog baru atau menghubungkannya saja dengan katalog yang sudah ada.

Mengaktifkan Instagram Shopping

 

Setelah memiliki halaman Facebook dan memiliki situs web sendiri, yang mana kamu sudah memenuhi syarat untuk mengaktifkan Instagram Shopping, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Mengaktifkan Akun Bisnis Instagram

Untuk mengalihkan akun kamu menjadi akun profesional atau bisnis (kreator), kamu dapat mengikuti tahap berikut.

  • Buka profil akun Instagram kamu. Pilih ikon tiga garis sejajar di sudut kanan atas.
  • Pilih ‘Setting’.
  • Pilih ‘Account’.
  • Pilih ‘Switch to Professional Account’.

pilih switch to professional account

  • Pilih ‘Done’.

2. Membuat Situs Web dengan Domain Sendiri

membuat situs web dengan domain sendiri

Situs web ini akan menambah kredibilitas produk dan toko kamu. Selain itu, situs web sendiri dapat memudahkan kamu dalam tahap membuat Instagram Shopping. Nantinya, kamu juga bisa memakai Jasa instagram views untuk mempercantik engagement akun Shopping kamu.

3. Membuat Facebook Page dan Menambahkan Katalog

Kamu butuh Halaman atau Page di akun Facebook untuk menjadi tempat katalog produk-produk kamu nantinya. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  • Buka alamat business.facebook.com. Masuk atau login dengan akun Facebook kamu.

  • Isilah informasi yang diperlukan agar kamu dapat membuat akun bisnis baru.

isilah informasi yang diperlukan agar kamu dapat membuat akun bisnis baru.

  • Pilih ‘Pengaturan Bisnis’.
  • Pilih ‘Sumber Data’, lalu pilih ‘Katalog’. Klik ‘Tambahkan’ dan pilih ‘Buat Katalog Baru’.
  • Isi ‘Nama Katalog’ dengan nama produk kamu, dan pilih jenis produk yang sesuai. Lalu pilih ‘Buat Katalog’.
  • Pilih siapa saja yang akan memperoleh Akses Admin atau Akses Standar untuk mengakses katalog nantinya. Kamu dapat memasukkan namamu sendiri kalau belum ada yang dapat mengurus akun bisnis ini. Bila sudah, pilih ‘Tetapkan’.
  • Agar akun bisnis Instagram kamu terhubung dan Instagram Shopping kamu aktif, klik ‘Buka di Pengelola Katalog’ dan isilah katalognya.
  • Pilih Saluran Penjualan dengan ‘Instagram Shopping’, lalu pilih ‘Tambahkan Produk’.
  • Pilih ‘Tambahkan Secara Manual’. Kalau kamu sudah menambahkan ‘Facebook Pixel’ di situs web kamu, maka pilih ‘Gunakan Pixel’. Setelah itu, klik ‘Selanjutnya’.

pilih tambahkan secara manual

  • Isilah informasi produk yang dibutuhkan. Isi ‘Tautan Situs Web’ dengan alamat situs web bisnis kamu. Ini memudahkan dalam menambahkan katalog produk. Bila sudah selesai, pilih ‘Tambahkan Produk’.
  • Katalog kamu sudah selesai, saatnya beralih menuju cara menghubungkan Instagram Shopping ke katalog yang sudah kamu buat.

4. Cara Menghubungkan Instagram Shopping ke Katalog Facebook

 

Sekarang waktunya menghidupkan Instagram Shopping kamu. Perlu diingat, kalau cara di bawah ini cuma bisa dilakukan melalui ponsel atau tablet.

  • Pada ‘Settings’, pilih ‘Business’.
  • Klik tulisan biru ‘Sign Up for Shopping’.
  • Lakukan tahap-tahap yang diarahkan, seperti menautkan Instagram kamu ke Facebook, dan tautkan pula Instagram dengan catalog Facebook kamu. Klik ‘Facebook Catalog Manager’, kemudian pilih ‘Check for Catalog’.

ikuti tahap-tahap yang diarahkan, seperti menautkan akun ke facebook dan menautkan

5. Menunggu Peninjauan Akun

menunggu peninjauan akun

Proses pendaftaran sampai cara menghubungkan Instagram Shopping ke Katalog Facebook selesai, tunggulah proses peninjauan dari Instagram. Kalau tidak bermasalah, akun bisnis kamu sepatutnya telah dalam pengamatan pihak Instagram.

Jika sudah begitu, artinya kamu hanya tinggal menunggu sampai kamu menerima notifikasi izin dalam mengaktifkan fitur Shopping. Sambil menunggu, jasa instagram like akan mendorong pertumbuhan akun kamu dalam meningkatkan engagement.

6. Mengaktifkan Fitur Shopping

mengaktifkan fitur shopping

Kalau proses peninjauan selesai dan akun kamu mendapat persetujuan dari Instagram, kamu sudah bisa mengaktifkan Instagram Shopping. Ini bisa kamu lihat dari ‘Settings’. Kalau fiturnya belum tampil di akun kamu, itu artinya akun kamu belum selesai ditinjau oleh pihak Instagram.

7. Me-label Produk

Setelah mengaktifkan fitur Shopping, kamu sudah bisa mengunggah ‘konten yang dapat ditindaklanjuti’. Caranya ialah, tap pada gambar untuk mengetahui ada produk apa di sana. Kamu bisa melakukan ini seperti menandai konten dengan akun Instagram teman kamu pada konten biasa.

  • Pilih foto yang hendak diunggah, lalu pilih ‘Tag Products’.

pilih foto yang akan diunggah, lalu pilih tag products

  • Tap satu kali di produk yang hendak diberi label, kemudian tentukan produk dari katalog kamu. Perlu diingat bahwa Instagram memperbolehkan tag hingga lima produk saja supaya tidak berlebihan dan menjadi spam.
  • Hidupkan tombol ‘Facebook’ kalau kamu mau mengunggah konten itu sekaligus pada kedua akun Instagram dan Facebook kamu. Kemudian pilih ‘Share’.
  • Konten produkmu sudah berhasil diunggah! Jangan lupa menggunakan strategi pemasaran yang sesuai termasuk promosi dan iklan.

Mengapa Harus Instagram Shopping?

Instagram yang pada dasarnya hanya sebuah media sosial saat ini bisa kamu manfaatkan sebagai media berpromosi. Ada pula jasa auto like instagram yang bisa membantu kamu menaikkan insight akun.

Namun, dengan adanya Instagram Shopping, calon pembeli dapat lebih mudah menjangkau produk-produk yang diunggah lewat akun bisnis kamu.

Dari Instagram pula, kamu bisa lebih dekat dengan calon pembeli kamu dengan memanfaatkan Instagram Story, Instagram TV, bahkan Live Streaming dan Direct Message untuk bisa berinteraksi langsung dengan mereka. Baca juga.

Dari situ pula kamu bisa menayangkan iklan dan menaikkan brand awareness produk kamu. Untuk mengetahui sejauh mana brand awareness produk, kamu bisa memakai jasa comment instagram untuk memberi testimoni.

Di samping itu, kamu juga bisa memakai influencer agar menghasilkan dampak yang lebih besar dengan mengajak audiens untuk berkunjung ke akun kamu. Endorsement, misalnya, tetapi jangan lupa sesuaikan influencer dengan produk bisnismu.

Sekarang, kamu sudah mengetahui cara menghubungkan Instagram Shopping. Selanjutnya, tinggal menentukan strategi pemasaran yang tepat sasaran agar calon pembeli kamu semakin tertarik dan akhirnya membeli produk di toko kamu.

Instagram Shopping menerapkan syarat tertentu untuk membuktikan apakah akun kamu cukup kredibel dengan identitas yang ada. Salah satunya dengan cara menghubungkan Instagram Shopping ke Katalog Facebook, sehingga brand kamu kuat dan menimbulkan rasa percaya di pelanggan.

Menu