Tutorial Cara Membuat Sorotan di Instagram Terbaru 2021

Sorotan Instagram (atau Instagram Highlight) adalah salah satu fitur Instagram paling ampuh untuk mengabadikan momen-momen penting di dalam profil. Meski tampaknya mudah, nyatanya masih banyak yang tidak tahu cara membuat sorotan di IG seperti ini.

Andakah salah satunya? Jika ya, yuk simak sebentar panduan membuat sorotan Instagram yang telah kami buat selengkap-lengkapnya berikut ini.

Tutorial Cara Membuat Sorotan di IG

Cara membuat sorotan di IG tidak susah kok, bahkan sambil membaca tutorial ini, Anda juga bisa langsung mempraktekkannya.

Di bawah ini, kami akan membahas cara membuat sorotan Instagram dari awal, mulai dari menambahkan konten, membuat sorotan di IG tanpa story, sampai cara membuat cover sorotan di Instagram yang bagus.

Langsung saja kita masuk ke bahasan yang pertama.

Cara Menambahkan Konten Ke Sorotan Instagram

Sampai hari ini, sorotan Instagram masih tidak bisa dibuat melalui PC, jadi Anda harus membuka aplikasi langsung untuk membuatnya.

Cara membuat sorotan Instagram mudah kok, inilah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukannya.

  1. Pertama-tama, masuk ke profil IG Anda terlebih dahulu, perhatikan tanda “+” yang terletak di bagian bawah profil (tepat sebelum konten). Itulah fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat highlight Instagram.tambahan sorotan melalui profil
  2. Jika Anda sudah siap membuat highlight, silakan tekan tanda “+” tersebut sampai muncul halaman seperti berikut ini.pilih story yang akan dimasukkan ke sorotan
  3. Pada halaman tersebut, akan muncul story-story yang dulu pernah Anda buat. Biasanya Instagram akan otomatis mengarsipkan story kita setelah 24 jam (kecuali kalau kita menonaktifkan fitur tersebut). Tekan lingkaran-lingkaran kecil yang terdapat di pojok kanan bawah konten story yang ingin di-highlight, sampai muncul centang-centang biru seperti ini:
  4. Setelah Anda memilih konten-konten yang ingin dimasukkan highlight, tekan tombol “Selanjutnya” yang terletak di pojok kanan atas, lalu tekan “Edit Sampul” untuk memilih cover highlight dari galeri. Jangan lupa beri judul juga untuk highlight yang Anda buat.masukkan nama dan sampul sorotan
  5. Setelah itu tekan tombol “Selesai” di pojok kanan atas. Kalau sudah selesai, kembali ke profil Anda dan lihat sorotan Instagram Anda sudah siap disajikan ke pengunjung profil Anda.bagini hasil sorotan ig

Cara Membuat Sorotan Di IG Tanpa Buat Story

Pada panduan membuat sorotan IG sebelumnya, konten sorotan yang digunakan berasal dari arsip-arsip story yang sebelumnya sudah diposting.

Sekarang saatnya kita membahas cara membuat sorotan Instagram tanpa mempublikasi story ke followers Anda, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama, pastikan akun IG Anda adalah akun pribadi, bukan akun Bisnis/Kreator.
  2. Setelah itu, masuk ke Setting Instagram dengan klik tanda garis tiga di pojok kanan atas. Lalu klik button “Pengaturan” di pojok kanan bawah.
  3. Setelah masuk ke halaman Pengaturan, klik fitur Privasi (fitur yang berbentuk gembok).
  4. Atur privasi akun Anda menjadi privat. Ini untuk mencegah orang lain dapat melihat story yang akan Anda buat. Setelah itu, klik menu “Cerita” di bawah pengaturan akun privat.atur akun menjadi private
  5. Begitu masuk ke menu pengaturan privasi Cerita, pilih bagian “Sembunyikan Cerita Dari”, pilih kontak-kontak mana saja yang ingin Anda privat dari melihat story Anda (kalau bisa semuanya).buat privasi cerita menjadi nonaktif
  6. Begitu pengaturan disimpan, Anda bebas membuat story-story dan highlight-nya tanpa followers atau siapa pun tahu Anda membuat story tersebut.

Cara Membuat Cover Sorotan di Instagram

Setelah membahas tentang cara membuat sorotan di IG, kali ini kita akan mempelajari cara membuat cover sorotan di Instagram.

Saat mengunjungi profil-profil orang di IG, Anda mungkin menemukan tatanan highlight secantik ini:contoh sampul sorotan ppccreator

Ini…contoh sampul sorotan instagramforbusiness

Atau ini…contoh sampul sorotan bynikojulius

Nah, cara untuk membuat cover-cover highlight sebagus akun-akun di atas cukup mudah, dan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi Canva dan download icon dari Flaticon, lakukan langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Kunjungi website https://flaticon.com/ melalui PC atau ponsel Anda, di tutorial ini kami menggunakan ponsel agar lebih mudah praktiknya.
  2. Masukkan tema sorotan yang ingin Anda buat, misalnya sorotan Anda bertemakan media sosial, ketikkan keyword “social media” di kolom pencarian Flaticon.download-sampul-sorotan-ig-di-flaticon
  3. Setelah muncul icon-iconnya, pilih icon yang paling Anda sukai, bebas yang mana saja (tenang, semuanya gratis).klik download pada sampul ig yang kamu sukai
  4. Setelah icon berhasil di-download, masuk ke aplikasi Canva yang sudah di-download, lalu klik tanda “+” berwarna ungu yang ada di pojok kanan bawah aplikasi.buka aplikasi canva untuk edit sampul sorotan ig
  5. Begitu klik button “+”, Anda akan masuk ke laman selanjutnya untuk memilih ukuran cover highlight yang ingin dibuat. Kami merekomendasikan memilih ukuran Logo (500 x 500 pixel).lalu-pilih-bagian-logo-untuk-membuat-sorotan-ig
  6. Kalau sudah masuk ke halaman editing, klik bagian “Galeri” di sebelah template dan masukkan icon yang tadi sudah didownload dari Flaticon.lalu pilih bagian galeri di aplikasi canva
  7. Atur icon dalam kanvas edit sesuai dengan yang Anda sukai. Karena Cover Instagram yang bagus adalah yang simpel, maka sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan gambar/tekstur lain. Cukup atur warnanya saja agar sesuai dengan tema profil Instagram yang Anda inginkan,
  8. Begitu proses desainnya sudah selesai, langsung klik ke tombol download di pojok kanan atas aplikasi, lalu pilih “Simpan sebagai gambar”.edit warna background sampul sorotan ig di canva
  9. Sekarang cek galeri Anda, kalau cover Instagramnya sudah ter-download, masuk ke aplikasi IG lagi, lalu klik Sorotan -> Edit Sorotan -> Edit Sampul -> masukkan cover yang baru Anda buat.

Cara Membuat Sorotan Di IG Yang Bagus

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat sorotan di Instagram yang bagus dan menarik dipandang? Nah, untuk bahasan terakhirnya, kami punya beberapa tips agar Sorotan IG Anda lebih informatif tapi tetap menarik.

  • Kelompokkan Sesuai Dengan Tema Konten

Saat membuat Sorotan Instagram, jangan hanya sekadar membuat sorotan-sorotan secara asal. Kelompokkan konten-konten story yang akan dimasukkan ke highlight sesuai dengan temanya.

Misalnya Anda ingin membuat sorotan Instagram untuk akun jualan busana muslim, Anda bisa membuat highlight berdasarkan tema ini:

  • Khimar
  • Hijab Syar’i
  • Busana Muslim Pria
  • Busana Anak-anak
  • Testimoni
  • Tutorial beli
  • dll
  • Buat Cover Yang Sederhana Tapi Menarik

Tips membuat sorotan Instagram yang bagus selanjutnya adalah buat cover sesederhana mungkin, tapi tetap menarik.

Saat membuat cover sorotan, jangan menggunakan terlalu banyak gambar. Cukup pilih satu saja icon/gambar yang paling mewakili tema sorotan tersebut.

Dan ya, jangan lupa menyesuaikan warna cover dengan tema konten-konten di Instagram Anda ya!

  • Usahakan Cover Punya Warna dan Tema Sama

Tips berikutnya adalah usahakan semua highlight yang Anda buat punya tema dan warna yang sama.

Misalnya Anda ingin membuat cover highlight dengan icon yang berwarna, kalau bisa semua highlight yang Anda buat menggunakan icon berwarna, bukan icon hitam putih.

  • Update Konten Di Dalam Sorotan Secara Rutin

Tips terakhir supaya highlight Anda lebih menarik: update konten di dalamnya secara rutin!

Terutama buat Anda yang berbisnis melalui IG, highlight adalah salah satu hal pertama yang dicek pengunjung profil. Semakin lengkap informasi di dalam highlight, akan semakin mudah pengunjung profil kita mendapat informasi tentang kita/produk kita.

Demikianlah tutorial lengkap cara membuat sorotan di IG, semoga bisa membantu Anda dalam mengembangkan akun Instagram yaa! Dan kalau masih kesulitan untuk melakukannya, feel free untuk menghubungi kami di The Socmed, jasa optimasi social media terbaik di Indonesia!

Layanan Kami:

Menu