Keuntungan Memberikan Diskon

Cara Cetak Label Pengiriman Tokopedia

Beralih ke toko online seperti menjadi alternatif yang dapat dipilih oleh para pedagang dalam situasi sekarang ini. Hal ini menyusul meningkatnya sebaran virus covid-19 yang akhir-akhir ini semakin meluas dan berdampak pada dikeluakannya dikeluarkanya kebijakan pemerintah berupa pemberlakuan PPKM darurat. 

Berbagai jenis kegiatan masyarakat pun dibatasi dengan sangat ketat. Selain pembatasan kegiatan harian masyarakat seperti olahraga, seni, dan kegiatan bersosialisasi di luar ruangan, tentunya yang paling terdampak adalah kegiatan ekonomi masyarakat.

Bagi para pelaku ekonomi lapangan atau para wirausahawan yang bergerak di bidang pelayanan ataupun penjualan tentunya merasakan dampak yang paling nyata. Tentunya keadaan ini tidak boleh membuat kita diam dan pasrah begitu saja. 

Masih ada cara untuk tetap mendapatkan pundi-pundi rupiah dari menjalankan usaha, yaitu dengan sistim online. Bagi kamu para pelaku bisnis, banyak platform yang bisa kita manfaatkan untuk memasarkan jualan, salah satunya dengan menggunakan market place online yaitu Tokopedia.

Apa sih Tokopedia itu?

Tokopedia merupakan market place yang populer dan terdepan di Indonesia. Tokopedia ini adalah mall online yang dapat memungkinkan para penjualnta untuk membuka toko atau membuka bisnis jualan secara online.

Melalui Tokopedia, para penjual dapat dengan mudah tanpa harus khawatir memikirkan harga sewa toko, selain itu yang paling penting, kamu nggak perlu juga menggaji pegawai.

Tokopedia ini mengedepankan keamanan transaksi, selain itu Tokopedia juga menawarkan pengalaman jual beli online yang aman, nyaman, dan mudah. 

Produk digital yang dimiliki oleh Tokopedia juga banyak banget, lho. Produk digital ini akan membuat para penggunanya semakin nyaman dalam menggunakan Tokopedia yang mampu membantu keperluan sehari-hari, seperti:

  1. TokoCash
  2. Tiket Kereta Api
  3. Angsuran Kredit
  4. Air PDAM
  5. Pascabayar
  6. Pulsa
  7. Gas PGN
  8. BPJS
  9. Mitra Toppers
  10. Telkom
  11. Donasi
  12. Voucher Game dll

Produk digital yang disediakan oleh Tokopedia ini membuat para penggunanya semakin mudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Apalagi, saat ini sudah dilengkapi pula dengan payment gateway payment gateway yang bekerja sama dengan OVO.

Tidak heran jika Tokopedia kini menjadi salah satu market place terbesar di Indonesia yang saat ini memiliki pengguna dengan sebaran terluas di Indonesia. Untuk memulai berjualan di sini pun gampang kok, cukup buat akun kemudian isi-isi data dan posting deh jualan kamu.

Nah, buat kamu yang sudah berjualan di Tokopedia dan saat ini mengalami kesulitan untuk menyusun resi invoice, ini ada tips buat kamu.

Sebagain penjual, sebetulnya tidak perlu repot-repot menyusun resi invoice atau faktur lewat Tokopedia, sebab Tokopedia sudah menyediakan invoice pada setiap transaksi pembelian.

Adapun informasi pada label faktur atau invoice setiap transaksi pembelian di Tokopedia berisi data-data sebagai berikut:

  • Nomor invoice
  • Nama barang dan deskripsi pesanan
  • Nama dan alamat tujuan pengiriman dilengkapi nomor HP
  • Detail penjual dan tanggal pemesanan
  • Jasa ekspedisi pengiriman 
  • Keterangan harga, asuransi (biaya lainnya) dan total pembayaran.

Nah, untuk cetak resi invoice atau label pengiriman ini sebetulnya lebih direkomendasikan menggunakan perangkat PC/laptop. Namun demikian, bisa juga dilakukan lewat HP.

Sebelum melanjutkan ke step by stepnya, ada informasi nih kalau The Socmed punya layanan Jasa Followers Tokopedia untuk meningkatkan followers Tokopedia kamu garansi.

Berikut ini langkah- langkah dalam pencetakan resi lewat PC/laptop :

  • Login Tokopedia, pilih notifikasi-siap dikirim.

Buka tokopedia di komputer, lalu login dan pilih Notifikasi-Siap Dikirim.cek penjualan tokopedia

  • Pilih Cetak Label

Kemudian pilih menu Titik 3 – Cetak LabelCetak label Tokopedia

  • Klik CTRL + P atau Klik Cetak

Lalu klik CTRL+ P atau klik cectak label pengiriman yang akan ditempelkan dalam paket.Tekan cetak label tokopedia

Jika kamu sudah sampai ditahap ketiga, berarti udah selesai.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya? Ternyata mudah banget, ya. 

Jadi dengan kemudahan yang sangat praktis ini seharusnya tidak menjadi kendala untuk kamu dalam mengelola barang pesanan yang masuk ke toko kamu nih. Kalau sudah begitu, jualan lancar, pelanggan senang. 

Untuk kamu yang baru saja bergabung dengan Tokopedia sebagai penjual, jangan khawatir akan kesulitan menggunakan fitur-fitur yang ada ya. Semua fitur didesain untuk memudahkan para penggunanya. 

Jika kamu bergabung dengan Tokopedia belum lama ini lantaran pandemi Covid-19, ini adalah awal yang baik untuk memulai usaha kamu dengan cara yang berbeda. Pasti awalnya akan canggung, tetapi pasti lama-lama akan terbiasa. 

Agar penjualanmu di Tokopedia tidak bermasalah, jangan lakukan hal-hal yang tidak diperkenankan oleh Tokopedia, misalnya seperti mengarahkan pembeli untuk bertransaksi di luar Tokopedia, lalu menyalahgunakan data pembeli, jangan melakukan manipulasi juga ya, selain itu hindari perbuatan tidak terpuji seperti menipu pembeli, jangan menjual produk yang dilarang dan mengunggah konten yang tidak memenuhi standar, jangan menduplikasi toko orang lain pula, terhubung ke akun yang mencurigakan, dan berada dalam peforma toko yang buruk.

Jika kamu melakukan hal-hal yang baru saja disebutkan, kamu kemungkinan besa akan mendapatkan masalah berupa dimoderasi oleh Tokopedia. Namun, bila hal itu terjadi padamu, tetap tenang ya. Ada caranya kok supaya kamu bisa mengaktifkan toko kamu lagi. 

Jika tokomu melanggar ketentuan-ketentuan Tokopedia yang akhirnya menyebabkan tokomu dimoderasi, kamu bisa mengaktifkannya kembali dengan cara menghubungi Pusat Bantuan atau klik ‘Mohon Buka’ pada halaman toko di aplikasi Tokopedia atau desktop. Kamu harus menunggu selama 1×24 jam lalu cek berkala pada halaman tokomu.

Perhatikan betul apa-apa saja yang dilarang, sebab akan ada konsekuensi yang lebih parah jika tokomu kedapatan melakukan pelenggaran berulang-ulang.

Pastikan kamu menaati syarat dan ketentuan yang berlaku di Tokopedia. Jika kamu dimoderasi hingga beberapa kali, Tokopedia berhak mengambil keputusan untuk menonaktifkan tokomu secara permanen. 

Tentu saja kamu tidak mau kan? Itu akan sangat merugikan kamu dan tentu saja bisa berdampak panjang. Kamu perlu berpikir ulang untuk membuat akun di tempat lain atau bahkan perlu waktu lama lagi untuk memulai semuanya karena keadaan kamu tidak sedang baik-baik saja. 

Berpikirlah dengan bijak dan jadilah penjual yang baik. Jika terus melakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kamu bisa meraup uang lebih banyak dan keuanganmu akan terkendali.

Namun, jika ternyata kamu tetap melakukan kesalahan sehingga dimoderasi lagi, untuk mengaktifkan tokomu kembali, kamu bisa menghubungi customer service yang ada di Pusat Bantuan.

Semoga saja kamu tidak pernah mendapatkan masalah semacam itu, sehingga kamu bisa terus semangat menjalankan tokomu dengan baik dan meningkatkna peforma tokomu dengan maksimal. Bukan tidak mungkin akan semakin banyak pembeli yang betah belanja dari toko kamu. Karena tokomu sudah dikenal dapat dipercaya dan memiliki pelayanan yang memuaskan.

Pastikan kamu selalu mengutamakan syarat dan ketentuan dari Tokopedia supaya usaha kamu tetap lancar. Dengan begitu, kamu bisa meraup banyak pundi-pundi rupiah dan bisnismu dapat terus berjalan dengan lancar. 

Menu