Melakukan Posting Konten Secara Berkala

Algoritma Youtube

Algoritma Youtube 2021 hadir memperkenalkan cara baru mempromosikan video Kamu. Mendulang banyak penggemar dalam waktu singkat, niscaya menjadikan Kamu sebagai calon bintang Youtube. 

Jika tidak percaya, cobalah tengok betapa hebatnya algoritma Youtube 2021 dalam mendeteksi aktivitas pengguna terhadap beberapa aktivitas. Mulai dari video yang ditonton, berapa lama waktu untuk menonton video, suka atau tidak pada video, hingga akun apa yang dilanggan. 

Demikianlah algoritma ini dapat mempermudah Kamu mengolah, membuat, dan mengupload konten di platform ternama itu. Viralitas video pun bisa diukur dengan melakukan perhitungan per 24×3 jam.

Sejarah singkat perubahan algoritma YouTube

Mengenali sejarah perubahan algoritma Youtube dapat membantu Kamu dalam memahami aturan main platform besar itu. Tambah lagi mengenali pola-pola serupa untuk diadopsi pada tahun ini.

Oh iya sebelum melanjutkan ke step by stepnya, kami ada informasi nih bahwa The Socmed memiliki layanan untuk Youtube seperti jasa subscriber youtubejasa likes youtubejasa views youtube, dan jasa comment youtube.

Adapun Youtube baru menjejakkan kakinya di muka bumi ini pada 2005 silam. Sudah genap berumur 16 tahun, media sosial raksasa ini kerap menetapkan standar konten terbaik tiap tahunnya. Berikut penjelasan singkat mengenai perjalanan Youtube dalam memberikan peringkat video dari kelahirannya hingga detik ini.

2005-2012: masa puncak jumlah view

Sejak kelahirannya, Youtube menaruh hati pada konten yang berhasil mendulang ratusan ribu view. Inilah sebabnya Kamu si pengguna Youtube pada tahun-tahun tersebut sering melihat video dengan jumlah view banyak di laman utama.

Tak ayal algoritma ini memberikan banyak keuntungan untuk pembuat konten. Mereka dapat melakukan refresh pada laman utama akun mereka. Tambah lagi memakai judul clickbait. Yang tentunya untuk mendapatkan lebih banyak view.

2012-2015: kejayaaan waktu tonton

Berubah pikiran, Youtube mulai mencari banyak akal untuk mempertahankan pengguna selama mungkin. Demikianlah video dengan waktu tonton yang lama diprioritaskan Youtube untuk masuk di laman utama.

2016: mementingkan video yang bisa masuk rekomendasi

Melalui pelacakan riwayat dan kepuasan penonton terhadap video-video yang dirasakan personal oleh mereka. Pemeringkatan video menggunakan skor berdasarkan relevansi dan tentunya faktor-faktor lain. Setelah video-video ditampilkan, Youtube akan menghimpun kepuasan penonton berdasarkan jumlah suka, tidak suka, dan ketidaktertarikan mereka.

2017 hingga sekarang: prinsip empat R

Sampai detik ini, platform berlogo merah ini getol menerapkan prinsip empat R, di antaranya:

  1. Remove: menghapus konten yang melanggar kebijakan Youtube secepat mungkin.
  2. Raise Up: menampilkan konten paling akurat yang sesuai permintaan pengguna 
  3. Reward Trusted Sources: memberi penghargaan kepada “konten kreator terpercaya yang memenuhi persyaratan.”
  4. Reduce the Spread: konten yang bertentangan dengan kebijakan Youtube akan dikurangi jumlah penyebaran dan jangkauannya.

Cara memaksimalkan algoritma Youtube 2021

Setelah mempelajari sejarah perubahan algoritma Youtube, Kamu bisa melanjutkan langkah dengan menerapkan algoritma Youtube 2021. Ketimbang hanya ‘menggunakan’, Kamu bisa memaksimalkan kinerja algoritma ini untuk meningkatkan viralitas konten, yang cara-caranya ditunjukkan sebagai berikut:

  1. Memakai kata kunci, baik secara tulisan maupun lisan 

Youtube benar-benar melacak kualitas video Kamu secara tertulis maupun pengucapan. Dari segi tulisan, judul video disebutkan harus memuat kata kunci di awal judul, sebagaimana membuat artikel SEO. 

Adapun dari segi lisan, transkrip video Kamu akan dialih bahasakan menjadi tulisan secara otomatis. Inilah sebabnya pengucapan kata kunci di awal video menjadi hal penting untuk dilakukan. Tambah lagi Kamu harus mengucap kata kunci beberapa kali di sepanjang video.

  1. Manfaatkan tag video Youtube sebaik mungkin

Apakah Kamu pernah menemukan sejumlah tagar pada suatu konten video? Nah itulah yang dinamakan tag video. Fitur ini berfungsi untuk membantu mesin pencari dalam mengelompokkan video. Walhasil Kamu lebih mudah mendapatkan penonton dengan ‘video terkait’.

Kendati demikian, Kamu tidak boleh sembarangan menggunakan tagar. Memasukkan tagar yang tidak disebutkan dalam video dapat membuat Youtube memberikan pelanggaran kepada Kamu.

  1. Periksa konten Youtube Kamu di hasil penelusuran Google

Youtube merupakan platform yang dibawahi oleh Google, sehingga Kamu bisa menemukan konten Youtube di mesin pencarian raksasa itu. Dengan memasukkan kata kunci video di Google, Kamu bisa memastikan seberapa bagus video Kamu dalam memenuhi algoritma Youtube 2021.

Dengan memasukkan beberapa kata kunci, Kamu akan melihat sendiri bagaimana sebagian dari halaman pertama Google memuat konten Youtube. Menjadi peluang terbaik untuk mendulang jumlah views!

  1. Periksa YouTube studio traffic sources

Fitur ini akan membantu Kamu menyusun judul terbaik, konten tepat manfaat, kata kunci yang tepat, dan berbagai manfaat lainnya.

  1. Video berdurasi panjang atau video berdurasi pendek?

Mengacu pada jumlah penyebutan kata kunci, video berdurasi panjang diamini mendapatkan peringkat tinggi di algoritma Youtube. Tambah lagi video berdurasi panjang berhasil mempertahankan pengguna untuk menonton dan menjadi pelanggan setia akun.

Lantas, bagaimana dengan video berdurasi pendek? Apakah tidak memberikan keuntungan sedikit pun kepada pembuat konten? Sebaliknya, akun baru dengan jumlah penggemar yang sedikit malah diuntungkan dengan video berdurasi pendek. Apalagi jika video memiliki durasi minimal 60 menit dan memuat konten yang interaktif dan menyenangkan.

  1. Youtube juga memperhatikan berapa lama pengguna mampu bertahan menonton video Kamu

Ketimbang berapa banyak jumlah tayang video, Youtube lebih memprioritaskan berapa lama pengguna mampu menonton konten Anda. Cobalah melihatnya di “Watch Time Report” di analytics. 

Periksa, apakah pengguna menonton menit pertama lalu mengklik dan menonton semuanya atau malah sebaliknya. Apabila jumlah pantulannya begitu banyak, yang ditunjukkan dengan menonton hanya beberapa detik hingga satu menit, maka bisa disimpulkan bahwa video Kamu bukanlah yang dicari penonton.

  1. Algoritma YouTube 2021 sangat menyukai interaksi Kamu dengan pelanggan

Jumlah suka, langganan, push notification, dan komentar. Inilah syarat utama konten Kamu diklasifikasikan sebagai konten dengan interaksi yang baik. Inilah sebabnya membuat video yang interaktif dan terkesan personal sangat penting.

  1. Tambahkan rekomendasi video lain di video Kamu

Pernah menonton satu video dari satu konten kreator, dan malah keterusan untuk menonton video-video lainnya selama berjam-jam? Nah, bisa jadi mereka menerapkan fitur penambahan rekomendasi. Yang mana sangat hebat dalam mendorong hasrat pengguna untuk menonton videomu.

  1. Perhatikan thumbnail dan judulnya

Saat kamu membuka halaman beranda Youtube, hal pertama yang dilihat dari jejeran konten video pasti thumbnail beserta judulnya. Apakah menarik untuk dipandangi atau tidak, sehingga mendorong rasa penasaran pengguna untuk menonton video lebih lanjut.

  1. Memasukkan kata kunci dalam kotak deskripsi video

Dengan membuat kalimat — yang mengandung kata kunci — sealami mungkin, kamu bisa membantu pencarian videomu di Youtube. Tambah lagi meningkatkan peringkat video.

  1. Buat video berseri

Apabila video kamu ada yang viral dan sukses, cobalah membuat sekuelnya. Ryan Higa, seorang konten kreator yang pernah viral dengan teknik menyanyinya, pernah membuat sekuelnya. Yang mana tetap berhasil merenggut hati para pengguna seperti video pertamanya.

Menu