cara foto produk

11 Cara Foto Produk untuk Meningkatkan Branding No ratings yet.

Jika kamu mempunyai sebuah bisnis, baik itu produk atau jasa maka harus mengetahui bagaimana cara foto produk yang baik dan tepat. Memang perkembangan bisnis dari hari ke hari semakin pesat. Terlebih lagi saat memasuki era jualan online seperti saat ini.

Penjual tidak diharuskan untuk bertemu dengan pembeli secara langsung, karena kamu bisa memulai bisnis ini secara online. Sebab itulah pentingnya untuk menghasilkan foto yang terbaik. Kamu tidak perlu menyewa toko offline ketika ingin berjualan, namun dapat memajang produk melalui toko online.

Cara Foto Produk untuk Jualan

Untuk menciptakan daya pikat dan daya tarik para calon pembeli agar bisa berkeinginan untuk membeli produk kamu tersebut maka harus memperlihatkan foto yang bagus. Mengingat bahwa sistem pembeliannya online maka pembeli hanya bisa melihat dari segi foto saja.

Semakin foto berkualitas maka semakin besar kemungkinan orang lain akan tertarik untuk melakukan pembelian. Tak hanya mengundang banyak pembeli saja, foto yang bagus juga akan membuat banyaknya engagement di media sosial, contohnya Instagram. Setelah membuat foto yang bagus, kamu juga bisa menggunakan jasa likes foto Instagram bulanan agar feeds IG terlihat lebih ‘hidup’.

Berikut ini beberapa tips foto produk yang bisa diikuti di antaranya:

1. Background Foto

background foto

Untuk mempersiapkan background foto maka kamu tidak perlu datang ke studio foto hanya untuk memperoleh background foto yang menarik. Namun kamu bisa membuat studio mini di rumah dan hanya membutuhkan sebuah karton putih maupun HVS, meja, selotip dan juga dinding.

Supaya hasilnya lebih maksimal, maka kamu dapat mencoba menggunakan background foto yang lebih cerah, contohnya seperti putih. Jika memilih warna putih maka kamu bisa merasakan keuntungan yang dapat memaksimalkan produk agar terlihat lebih mendetail.

Selain itu, kesan yang ditampilkan pun lebih cerah. Disarankan agar menggunakan kertas pada setiap sisi. Tujuannya supaya foto tidak terbayang, dengan begitu maka pada saat ditampilkan melalui toko online produk yang kamu jual tersebut benar-benar mendetail dan rapi.

2. Menggunakan Model

menggunakan model

Penggunaan model pada foto produk sangat direkomendasikan bagi kamu yang menjalankan usaha dalam bidang kosmetik, pakaian maupun sepatu. Penggunaan model ternyata juga berpengaruh terhadap minat pembeli karena model mampu menarik perhatian bagi setiap konsumen.

Terutama pada saat konsumen melihat foto produk tersebut dan cukup menarik. Disinilah bisa menghadirkan transaksi di toko online. Hal ini dikarenakan pihak dari konsumen atau calon pembeli lebih percaya bahwa produk yang kamu jual tersebut benar-benar berkualitas.

Setidaknya bisa mengetahui apakah produk tersebut cocok digunakan oleh calon pembeli atau justru sebaliknya.

3. Gunakan Pencahayaan Yang Tepat

gunakan pencahayaan yang tepat

Tidak dapat dipungkiri bahwa cara foto produk yang bagus dan berkualitas pastinya harus mempunyai sistem pencahayaan yang terang. Hal ini dapat dijadikan sebagai konsep foto yang menarik bagi seorang pemula dan seringkali menggunakan kamera HP ketika memotret.

Selalu usahakan untuk mencari tempat yang mempunyai pencahayaan yang tepat. Dengan begitu maka hasil foto pun terlihat cerah dan mendetail. Sedangkan pencahayaan tentunya sangat berpengaruh dan menentukan foto produk.

Jika pencahayaan gelap terbayang atau tidak cerah maka hal ini memberikan kesan produk yang dianggap kurang berkualitas.

4. Tema Foto

tema foto

Sebagian penjual produk memang hanya mengambil foto, setelah itu diunggah nya ke sosial media pribadi. Hal ini memang tidak dilarang, akan tetapi untuk perlakuan ini berbeda lagi apabila foto tersebut digunakan untuk foto produk.

Sementara kamu disarankan untuk membuat atau menentukan sebuah tema foto. Contohnya kamu sedang menggunakan pendamping seperti kopi, maka produk tersebut adalah buku. Bisa juga peralatan masak atau produk lain seperti bumbu dapur.

Dengan begitu maka konsumen akan lebih mudah mengenali ciri khas yang ada dari foto produk kamu tersebut.

5. Mencari Sudut Pandang

mencari sudut pandang

Jika kamu bisa mencari sudut pandang maka hal ini lebih mudah untuk menentukan foto produk. Jangan terus-menerus foto dari arah depan, namun kalaupun juga perlu ber ekspor contohnya berfoto dari belakang, apabila foto produk yang kamu jual adalah sebuah pakaian, sepatu atau produk lainnya.

Akan tetapi apabila produk tersebut berupa makanan maka disarankan agar memfoto produk dari arah atas. Tujuannya supaya memberikan kesan yang rapi dan mendetail. Dengan begitu maka memunculkan rasa keingin tahuan dan penasaran bagi pihak konsumen.

6. Hindari Menggunakan Zoom

hindari menggunakan zoom

Saat memotret produk maka kamu tidak disarankan untuk menggunakan zoom.  Terlebih lagi saat kamu mengambil gambar melalui smartphone. Jika pengambilan foto menggunakan zoom maka akan terlihat kurang menarik.

Jika dirasa foto kurang dekat maka kamu bisa mendekatkan kamera dengan produk supaya hasilnya lebih terlihat mendetail dan juga lebih baik. Pada saat kamu sudah memahami cara foto produk ini maka bisa kamu coba agar tidak menghasilkan foto yang pecah atau ngeblur karena zoom.

7. Menggunakan Tripod

menggunakan tripod

Apapun jenis alat yang sedang kamu gunakan untuk melakukan pemotretan, maka jangan lupa untuk tetap menggunakan tripod. Alasannya dengan bantuan tripod inilah maka kamu dapat menghindari tampilan gambar yang blur. Pada biasanya gambar blur ini karena tangan yang goyang.

Dengan bantuan tripod ini maka kamu hanya cukup memasang kamera maupun smartphone saja setelah itu menyesuaikannya dengan tinggi tripod dengan produk yang kamu buat.

8. Warna Difoto Tidak Berbeda

warna-foto-tidak-berbeda

Perhatikan warna saat proses pengambilan gambar. Pastikan terlebih dahulu bahwa warna produk dan juga foto yang kamu ambil tidak berbeda jauh. Bayangkan saja jika kamu sedang menjual celana jean yang berwarna Navy, akan tetapi foto yang kamu ambil justru menunjukkan warna yang lebih cerah.

Setiap pembeli online pastinya menginginkan realpict. Untuk itu jangan sampai membuat pembeli kecewa dengan pengambilan produk yang tidak sesuai dengan harapan.

9. Mencari Inspirasi

mencari inspirasi

Cara foto produk selanjutnya yang bisa diikuti yaitu dengan mencari sebuah inspirasi. Tidak ada salahnya jika kamu mencari inspirasi dari penjual lain. Otomatis cara ini dapat membantu kamu agar bisa menghasilkan foto produk yang lebih berkreasi.

Sehingga foto produk yang kamu miliki tersebut akan berbeda dan terus mengalami perkembangan dari hari ke hari. Namun pastikan meskipun kamu menciptakan foto berdasarkan dari inspirasi orang lain jangan sampai terdeteksi plagiat.

Jangan sekali-kali mencuri gambar produk orang lain karena hal ini sangat di larang dan tidak disarankan. Untuk itulah berusaha keraslah agar bisa menghasilkan foto berkualitas dengan cara kamu sendiri.

10. Mencoba Tren Yang Ada

mencoba tren yang ada

Sosial media memang bukanlah hal yang asing lagi bagi pengguna internet. Contohnya seperti aplikasi Tik TOK. Cara foto produk yang terbaik bisa kamu coba yaitu dengan bantuan sosial media tren yang ada seperti saat ini. Baik itu Tik Tok maupun Instagram.

Beberapa aplikasi sosial media sudah dilengkapi dengan fitur edit foto yang pastinya cukup membantu bagi Anda yang ingin memfoto produk terbaik dengan hasil yang memuaskan. Tentu saja bagi para pelaku bisnis online sangat direkomendasikan untuk mengetahui teknik ini.

11. Menggunakan Teknik Flat Lay

menggunakan teknik flat lay

Teknik fotografi untuk yang satu ini memang tidak kalah populer karena sifatnya yang timeless dan sangat cocok digunakan bagi kamu yang mempunyai produk kecil. Untuk teknik ini tidak hanya flashlight saja, namun juga lebih mempermudah bagi pengguna untuk membangun kreativitas.

Dengan begitu maka secara tidak langsung kamu mempunyai identitas visual online shop sebagai penjual online yang membutuhkan foto produk terbaik

Cara foto produk yang berkualitas sangat direkomendasikan agar melakukan fotografi produk dengan sebaik mungkin. Dengan begitu maka produk yang tersusun akan terlihat semakin menarik. Ditambah lagi dengan beberapa aksesoris yang dapat memperindah foto produk.

Please rate this

Menu